get app
inews
Aa Read Next : 2 Lansia Cabuli Bocah 13 Tahun di Ciamis, Polisi Beberkan Motif Pelaku

Antisipasi Gangguan Kamtibmas saat Ramadhan, Pedagang Kembang Api di Ciamis Dirazia Polisi

Sabtu, 01 April 2023 | 21:14 WIB
header img
Antisipasi Gangguan Kamtibmas saat Ramadhan, Pedagang Kembang Api di Ciamis Dirazia Polisi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Satuan Samapta Polres Ciamis melakukan patroli dan razia petasan ke sejumlah pedagang kembang api di Pasar Manis Ciamis, Sabtu (1/4/2023). Razia petasan tersebut guna mengantisipasi gangguan kamtibmas akibat dari penggunaan petasan.

Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polres Ciamis, AKP Cecep Edi Sulaeman mengatakan, patroli dan razia petasan ini dilakukan untuk antisipasi gangguan kamtibmas selama Ramadhan.

"Kami turut berikan edukasi kepada para pedagang kembang api dan masyarakat bahwa petasan sangat membahayakan. Ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis," kata AKP Cecep Edi Sulaeman.

Menurutnya, selain membahayakan, pembeli, pembuat, penyimpan, dan pengedar petasan akan terancam hukuman pidana yang sangat berat sesuai dengan UU Darurat No 12 Tahun 1951.

"Tertuang juga dalam KUHP dan RUU KUHP 2015 Pasal 297 dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun," tuturnya.

AKP Cecep Edi mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyalakan petasan pada bulan suci Ramadhan. Hal itu karena dapat mengganggu ketentraman dan kenyamanan warga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Mari kita ciptakan situasi yang kondusif selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. Sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan nyaman dan tentram," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut