get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Pj Wali Kota Banjar Kampanyekan Anaknya Sebagai Caleg DPRD Jabar

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam: Ada Tiga Penyakit Politik Saat Pemilu

Kamis, 23 Maret 2023 | 14:56 WIB
header img
Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam: Ada Tiga Penyakit Politik Saat Pemilu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idKetua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam mengakatan, bahwa fenomena yang terjadi di masyarakat negeri ini dalam menentukan pilihan politik bukan berdasarkan pada rasionalitas melainkan lebih pragmatis.

Kondisi tersebut menurutnya sangat berbahaya kalau tidak diberikan edukasi dan pemahaman dan menyadarkan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Dede Muharam dalam kegiatan sosialisasi Ideologi Kebangsaan bersama ormas dan Kesbangpol Kota Tasikmalaya, Rabu (22/3/2023).

“Ideologi kebangsaan yang dilakukan oleh kasbangpol juga dalam upaya untuk edukasi politik bagi masyarakat. Karena dalam Undang-Undang Partai Politik Nomor 2 Tahun 2011 Pasal 14, di antara fungsi dan kewajiban partai politik itu kan memberikan edukasi politik kepada masyarakat,” kata Dede.

Ia menuturkan, undang-undang ini sangat mulia dan sangat bagus karena ketika masyarakat sudah cerdas berpolitik, maka nasib bangsa ini ditentukan oleh masyarakat.

Di samping itu, lanjaut Dede, ada tiga penyakit politik di negeri ini dalam setiap penyelenggaraan pemilu, ketiga penyakit politi itu adalah hight cost politik (tingginya biaya politi), oligarki politik, dan interlocking politi (politik saling mengunci).

“Tiga penyakit politik di negeri ini pertama adalah high cost politik atau biaya politik yang cukup mahal, sehingga dengan biaya politik yang cukup mahal maka orang-orang yang punya integritas tetapi tidak memiliki finansial yang banyak, maka tidak ada kesempatan untuk memimpin bangsa ini dan negeri ini,” ucapnya.  

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut