get app
inews
Aa Read Next : Supermarket Mall Plaza Asia Tasikmalaya Menawarkan Berbagai Pernak-Pernik Natal

Polisi Sterilisasi Gereja-gereja di Kota Tasikmalaya, Pastikan Natal Berjalan Aman

Jum'at, 24 Desember 2021 | 17:06 WIB
header img
Polisi sterilisasi gereja-gereja di Kota Tasikmalaya, pastikan Natal berjalan aman. (Foto:iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono).

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebanyak 14 gereja di Kota Tasikmalaya disterilisasi oleh petugas Polres Tasikmalaya Kota menjelang peribadatan misa Natal

Seperti halnya sterlisasi yang dilakukan di Gereja Hati Kudus Yesus di Jalan Sutisna Senjaya, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jumat (24/12/2021).

Dengan menggunakan alat metal detektor petugas mengecek ke setiap sudut gereja, bangku, altar, hingga areal halaman gereja. 

Kapores Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan memimpin langsung proses sterilisasi gereja-gereja serta mengecek langsung sarana prasarana protokol kesehatan. 

"Sore ini kita lakukan sterilisasi gereja jelang peribadatan Natal. Ada 14 gereja yang ada di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota," ujar Aszhari. 

Dikatakan dia, kegiatan sterilisasi ini untuk memastikan keamanan dan memberikan rasa nyaman bagi jemaat kristiani yang akan melaksanakan ibadah misa Natal

"Dari hasil pengecekan tidak ditemukan adanya hal-hal yang dapat mengganggu dan mengancam keamanan," kata dia. 

Aszhari menyebut, sarana dan prasarana protokol kesehatan juga diterapkan dengan baik. Pihak gereja telah menyediakan alat pengukur suhu, tempat cuci tangan, dan handsanitizer bagi jemaat yang akan masuk ke gereja. 

"Kapasitas gereja hanya 50 persen yang disediakan untuk ibadah Natal dengan pembatasan dan jaga jarak," ungkapnya. 

Ia menambahkan, selama perayaan Natal pihaknya menempatkan personel kepolisian dibantu TNI untuk menjaga keamanan. 

"Di 14 geraja yang ada di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota semua ditempatkan personel untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat kristiani dalam menjalankan ibadah Natal," tandasnya. 

Sementara itu, perwakilan Gereja Hati Kudus Yesus Tasikmalaya, Aloysius Purwanto mengatakan, pada peribadatan misa Natal kali ini jumlah jemaat dibatasi dengan kapasitas 50 persen kapasitas gereja sebanyak 800 orang. 

"Setiap pelaksanaan ibadah diikuti oleh 350 jemaat yang terbagi di dalam gereja, luar gereja dan gor. Kalau yang ada di dalam gereja hanya 120 orang," kata dia. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut