get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Musrenbang RKPD 2025 Kota Tasikmalaya, Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Tempat Wisata Paling Ekstrem di Dunia, Ada Puncak Tertinggi hingga Gerbang Neraka

Sabtu, 07 Januari 2023 | 09:26 WIB
header img
Tempat Wisata Paling Ekstrem di Dunia, Ada Puncak Tertinggi hingga Gerbang Neraka. Foto: Thetripgoeson.

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.idTempat wisata paling ekstrem di dunia dapat Anda simak dalam artikel ini. Di dunia, banyak tempat-tempat ekstrem yang menjadi destinasi wisata.

Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya yang menyediakan tempat bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah dan mempesona, berkunjung ke tempat wisata paling ekstrem tentunya harus memiliki nyali yang besar.

Meski ekstrem, tapi tidak sedikit para wisatawan yang justru mencari tempat-tempat wisata yang paling ekstrem dan ingin menjelajahinya.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat wisata paling ekstrem di dunia, beberapa tempat ekstrem ini bisa menjadi rekomendasi tujuan liburan.

Lantas, di mana saja tempat wisata paling ekstrem di dunia? berikut ini tempat wisata paling esktrem di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/1/2023).

1. Gerbang Neraka, Turkmenistan

Tempat wisata paling eskrem di dunia yang pertama adalah Gerbang Neraka di Turkmenistan. Kawah berani yang disebut sebagai Gerbang Neraka ini berada di tengah gurun Karakum, Turkmenistan.

Nama asli dari Gerbang Neraka ini adalah Darvaza Gas Crater. Gerbang Neraka ini kali pertama diidentifikasi oleh insinyur Uni Soviet (sekarang Rusia) pada 1971.

Sebelumnya, Darvaza Gas Crater ini dikira sebagai ladang minyak besar. Oleh hal itu, para insinyur mendirikan ring pengeboran minyak di sana. Namun selama proses pengeboran, para insinyur itu tidak pernah menemukan minyak dan hanya terdapat gas metana.

Seiring dengan berjalannya waktu, lahan pengeboran itu kemudian runtuh hingga menjadi gua bawah tanah dengan membentu cekungan yang dalam. Untuk mencegah penyebaran gas metana yang mematikan, ahli geologi kemudian membakarnya dengan anggapan api sisa pembakaran akan bertahan hanya beberapa Minggu saja.

Namun hingga 50 tahun berlalu, nyatanya api di kawah sedalam lebih kurang 30 meter dengan luas 5.350 meter persegi itu masih terus menyala hingga sekarang.  Bahkan, para ahli geologi pun tidak bisa memastikan sampai kapan api tersebut padam.

2. Padang Pasir Lut, Iran

Tempat wisata paling ekstrem di dunia yang kedua adalah Padang Pasir Lut di Iran. Tempat ini merupakan wilayah terpanas di muka bumi. Suhu di Padang Pasir Lut sangat ekstrem bisa mencapai 70 derajat celcius. Bahkan, saking panasnya suhu di Padang Pasir Lut bisa digunakan untuk memanggang daging.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut