get app
inews
Aa Read Next : Cara Download Aplikasi Threads Instagram dan Menggunakannya

Penggunaan Instagram dalam Praktik Belajar di Sekolah, Kenapa Tidak?

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 09:04 WIB
header img
Penggunaan Instagram dalam Praktik Belajar di Sekolah, Kenapa Tidak?. Foto: Kolase/Instagram

Nida Hanifah S.Kep

Guru Produktif Asisten Keperawatan SMK BPN Kota Tasikmalaya

PENGGUNAAN Instagram dalam praktik belajar di sekolah. Di zaman sekarang, tidak dapat ditampik lagi bahwa kehidupan manusia saat ini sangat berhubungan dengan media sosial (medsos). Media sosial memegang peranan penting dihampir segala lini masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga mencari suatu informasi yang sedang hangat di masyarakat.

Adapun media sosial yang sering digunakan pada saat ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan lainnya. Salah satu pengguna media sosial sekarang adalah pelajar. Media sosial bagi para pelajar merupakan hal yang penting tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang menarik, tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup. Media sosial tersebut juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Dengan menggunakan media sosial, siswa akan lebih aktif dalam bereksplorasi dan berinovasi sehingga dapat mengasah kreativitasnya. Kemudahan mengakses informasi secara digital membuat mereka lebih mandiri karena tidak perlu menunggu guru menjelaskan di kelas, dan penilaian pun bisa dilakukan di mana saja dengan melihat hasil unggahan gambar atau video yang diunggah siswa ke media sosial Instagram.

Pada era pendidikan abad 21 ini, proses belajar tidak lagi terfokus pada penyampaian informasi yang dibatasi dinding-dinding kelas. Ledakan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa jejaring sosial sangat populer pada perkembangan komunikasi saat ini. Jadi tidak salah jika dalam proses pembelajaran melibatkan sosial media sebagai media pembelajaran.

Media sosial menciptakan sebuah budaya baru di mana para pengajar dan para peserta didiknya tidak hanya dapat melakukan proses belajar di dalam konteks ruangan secara fisik. Namun, karena munculnya media sosial memungkinkan proses pendidikan dilakukan dalam ruang lain secara maya. Hal ini sejalan dengan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan guru memiliki kemampuan mengajar yang selalu kreatif dan inovatif.

Salah satu inovasi pembelajaran yang berkembang pesat adalah pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan cepat seperti video praktikum pembelajaran siswa yang diunggah masing-masing atau kelompok ke Instagram dan dapat dilihat oleh siapa saja termasuk oleh guru yang bersangkutan yang akan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran.

Pembelajaran yang memadukan kemampuan pedagogik dan teknologi menjadi alternatif yang bisa mengembangkan dunia pendidikan menjadi lebih baik. Inovasi ini yang kemudian dikenal dengan TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut