Perkembangan TIK saat ini telah memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran sehingga abad 21 mendorong semua guru dan praktisi pendidikan untuk memiliki pengetahuan yang luas terhadap TIK.
Pembelajaran abad 21 mengintegrasikan berbagai perangkat teknologi dalam melakukan seluruh rangkaian proses interaksi antara siswa dan guru dengan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Teknologi berperan aktif sebagai alat, proses, sekaligus sumber untuk belajar dan melaksanakan pembelajaran.
Para guru di abad 21 ini yang mengajar generasi Z harus dapat dipastikan memiliki pengetahuan, keterampilan dan kompetensi teknologi yang baik, supaya dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dengan efektif dan efisien.
Sumber:
Rahmadi (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Journal of Civics and Education Studies. Vol. 6 No. 1
Sintawati (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN)
https://sahabatnews.com/integrasi-tpack-sebagai-ketrampilan-guru-dalam-pembelajaran-abad-21/
https://kalsel.kemenag.go.id/files/file/artikel prakom
Editor : Asep Juhariyono