get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Penyu Hijau Terdampar di Taman Lensar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Warga Evakuasi ke Laut

9 Hewan Langka dan Terancam Punah yang Dilindungi  di Indonesia, Nomor 7 Kadal Terbesar di Dunia

Kamis, 01 Desember 2022 | 11:31 WIB
header img
9 Hewan Langka dan Terancam Punah yang Dilindungi  di Indonesia, Nomor 7 Kadal Terbesar di Dunia. Foto: Isimewa

6. Badak Jawa

Badak Jawa atau badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) merupakan hewan mamalia paling langka di dunia. Badak Jawa ini hanya ditemukan di Asia Tenggara saja dan jumlahnya saat ini hanya berkisar 60 sampai 70 ekor di Tiongkok. Sementara itu, di Indonesia jumlah Badak Jawa hanya berkisar 40 sampai 50 ekor saja.

Populasi Badak Jawa di Indonesia jumlahnya terus menyusut karena perburuan liar yang mengincar culanya. Tak hanya itu, Badak Jawa juga sulit untuk berkembang biak dan hanya hidup selama 80 tahun.

7. Komodo

Komodo merupakan kadal raksasa endemik Indonesia. Komodo terdapat di pulau-pulai eksoteis di Indonesia seperti di Pulau Komodo, Rinca, Flores, dan Padar.

Komodo termasuk salah satu hewan langka dan terancam punah yang dilindungi di Indonesia.

Perdaganan di pasar gelap menjadi salah satu penyebab hewan ini banyak diburu. Kadal terbesar di dunia ini memiliki panjang 3 meter dan saat ini jumlahnya di alam liar diperkirakan sekitar 2.700 sampai 3.000 ekor.

8. Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah (Pardofelis badia) atau dikenal juga dengan nama Kucing Teluk Borneo adalah hewan endemik di pulau Kalimantan. Melansir dari authentic-indonesia.com, kucing langka ini memiliki bulu berwarna coklat kemerahan, dengan perut yang lebih pucat dari punggungnya.

Kucing Borneo saat ini jumlahnya mulai berkurang disebabkan rusaknya habitat. Kini jumlahnya di alam liar hanya sekitar 2.500 ekor saja. Populasinya juga selalu menurun dari tahun ke tahun.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut