get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Penyu Hijau Terdampar di Taman Lensar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Warga Evakuasi ke Laut

9 Hewan Langka dan Terancam Punah yang Dilindungi  di Indonesia, Nomor 7 Kadal Terbesar di Dunia

Kamis, 01 Desember 2022 | 11:31 WIB
header img
9 Hewan Langka dan Terancam Punah yang Dilindungi  di Indonesia, Nomor 7 Kadal Terbesar di Dunia. Foto: Isimewa

3. Gajah Sumatera

Habitan Gajah Sumatera berada di Provinsi Bengkulu. Gajah Sumatera kini terancam punah. Hal itu diduga akibat penyusutan kawasan hutan akibat berbagai kepentingan.

Saat ini rumah terakhir untuk Gajah Sumatera hanya terdapat di kawasan Bentang Seblat, tepatnya di perbatasan Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko.

Populasi Gajah Sumatera semakin berkurang yang diperkirakan hanya terdapat 2.000 ekor saja di Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

4. Jalak Bali

Sesuai namanya, Jalak Bali merupakan burung endimis dari Pulau Bali. Jalak Bali termasuk ke dalam hewan yang terancam punah. Jika tidak dilindungi, tidak menutup kemungkinan burung Jalak Bali ini akan punah menyusul hewan endemik Bali lainnya yaitu Harimau Bali.

Populasi Jalak Bali di alam liar diperkirakan hanya belasan saja. Jalak Bali memiliki ciri bulu yang putih bersih dengan corak kulit biru yang khas di sekitar matanya.

5. Harimau Sumatera

Hewan langka dan terancam punah yang dilindungi di Indonesia lainnya adalah Harimau Sumatera. Hewan liar ini memiliki panjang rata-rata 2 meter dengan berat 140 kg.

Saat ini jumlah populasi Harimau Sumatera mulai berkurang yang disebabkan adanya penyempitan lahan dan perburuan liar. Tak hanya itu, organ tubuh dari Harimau Sumatera ini kerap diperdagangkan di pasar gelap.

Selama kurun waktu 1998 hingga 2000, tercatat sebanyak 66 ekor Harimau Sumatera terbunuh. Saat ini, Harimau Sumetera hanya berjumlah sekitar 500 ekor di alam liar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut