get app
inews
Aa Read Next : Berkolaborasi dengan PWI Tasikmalaya, Katar Desa Cihaur Manonjaya Gelar Bimtek Literasi Media

Penyu Hijau Terdampar di Taman Lensar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Warga Evakuasi ke Tengah Laut

Rabu, 12 Juli 2023 | 18:30 WIB
header img
Penyu Hijau Terdampar di Taman Lensar Pantai Sindangkerta Tasikmalaya, Warga Evakuasi ke Tengah Laut. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Penyu hijau berukuran besar dengan lebar lebih kurang satu meter ditemukan warga terdampar di Taman Lensar, objek wisata Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (12/7/2023).

Karena hewan tersebut masuk ke dalam jenis hewan yang dilindungi, warga dan petugas Balawisata akhirnya mengembalikan kembali ke habitatnya. Warga berbondong-bondong mendorong penyu berukuran besar tersebut ke tengah laut.

Ketua Balawisata Kabupaten Tasikmalaya, Rahmat Saputra mengatakan, penyu hijau itu ditemukan pada Rabu pagi sudah terdampar di karang pantai. Kemudian, sekira pukul 15.30 WIB dikembalikan ke tengah laut.

"Kronologinya, tadi pagi ditemukan penyu hijau sudah terdampar di pantai. Berhubung ukuran penyunya besar, warga yang menemukan penyu lapor ke bale desa. Akhirnya, kita bersama-sama warga melepas kembali. Barusan dilepaskan pukul 15.30 WIB," kata Rahmat.

Ia menegaskan, penyu hijau yang terdampar itu merupakan jenis hewan yang dilindungi. Maka dari itu, pihaknya bersama warga melepaskan kembali ke habitatnya.

Rahmat mengaku, baru kali ini ada penyu berukuran satu meteran lebih terdampar di pantai. Biasanya, yang nyangkut dikail pancing nelayan hanya penyu berukuran kecil dan bisa langsung dikembalikan ke laut.

"Ini jenis penyu hijau, kebetulan jenis yang dilindungi. Jelas harus dilepas kembali ke laut. Baru kali ini ada yang berukuran besar, diameternya satu meteran lebih, kalau panjangnya lebih dari itu," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut