get app
inews
Aa Read Next : Catat Pertumbuhan Cemerlang di Kuartal I 2024, IOH Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

Tips dan Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Wajib Diketahui oleh Calon Pengusaha

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:12 WIB
header img
Tips dan Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Wajib Diketahui oleh Calon Pengusaha. (Foto: Ilustrasi)

3. Lakukan riset

Setelah Anda menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, tips dan cara memulai bisnis sendiri selanjutnya adalah melakukan riset. Hal ini untuk mengetahui seluk beluk jenis usaha yang Anda jalani.

Riset juga dibutuhkan agar Anda dapat menentukan trend yang sedang digandrungi oleh para konsumen saat ini, sehingga Anda dapat menentukan strategi usaha yang tepat sasaran dan memberikan keuntungan serta perkembangan yang siginifikan.

Riset juga diperlukan untuk menentukan cara memulai bisnis sendiri yang baik dalam menemukan keuangan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan dijalani.

Dengan melalukan riset, Anda dapat memaksimalkan kelebihan dan meminimaliris kekurangan dari produk dan jenis usaha tersebut. Melalui riset juga Anda bisa menentukan supplier atau penyedia jasa bahan baku yang berkualitas dan terpercaya untuk usaha Anda.

4. Buat anggaran

Tips dan cara memulai bisnis sendiri selanjutnya adalah membuat anggaran terlebih dahulu sebelum Anda menjalankan usaha. Sebagai pemula, Anda tentunya perlu membuat catatan keuangan. Ini penting karena sebelum memulai melakukan rencana bisnis yang menyeluruh terkait alur kerja operasional, jangan sampai Anda melampau budhet atau modal yang dimiliki.

Membuat anggaran juga penting dalam memaksimalkan jalannya strategi bisnis Anda. Buatlah anggaran sesuai dengan kebutuhan esensial dari usaha Anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk menyempurnakan seluruh lini dari bisnis.

Jika Anda tidak berhemat dan memiliki anggaran yang baik, bisa-bisa jadi Anda yang akan rugi nantinya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut