get app
inews
Aa Read Next : Catat Pertumbuhan Cemerlang di Kuartal I 2024, IOH Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

Tips dan Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Wajib Diketahui oleh Calon Pengusaha

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:12 WIB
header img
Tips dan Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Wajib Diketahui oleh Calon Pengusaha. (Foto: Ilustrasi)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Bagi Anda calon pengusaha yang berencana berwirausaha, tips dan cara memulai bisnis sendiri ini patut untuk dicoba.

Memulai bisnis sendiri bagi seseoang yang kali pertama ingin terjun ke dunia usaha mungkin terlihat sulit. Untuk memulai bisnis sendiri dibutuhkan pengetahuan dan wawasan agar dalam melakukannya tidak hanya sekadar mempersiapkan soal modal.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis sendiri?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips dan cara memulai bisnis sendiri yang wajib diketahui oleh calon pengusaha.

1. Tentukan jenis usaha

Tips dan cara memulai bisnis sendiri yang pertama adalah Anda harus menentukan jenis usaha yang akan dijalani. Jika masih bingung, Anda bisa memilih jenis usaha yang memang sesuai dengan hobi atau yang disukai.

Cara memulai bisnis sendiri ini untuk memudahkan dan menghadirkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Hal itu karena dalam menjalankan cara memulai bisnis sendiri Anda akan memulai dengan menempatkan diri sebagai konsumen setia yang memang menginginkan produk atau jasa yang bisa diterima dan memiliki kualitas terbaik.

Dengan menentukan jenis usaha berdasarkan hobi atau yang disukai, Anda juga bisa berinovasi ke depannya, karena sudah memiliki pondasi yang kuat dan lebih memahaminya.

Jika Anda menyukai fashion, Anda bisa mulai dengan menjalankan cara memulai bisnis sendiri dengan memperkenalkan pakaian atau aksesoris yang memang sedang ngetren ke konsumen.

Begitu pun jika Anda menyukai kuliner, Anda bisa memperkenalkan makanan dan minuman yang Anda suka sebagai cara memulai bisnis sendiri.

2. Tentukan keunikan dari produk atau jasa usaha Anda

Tips dan cara memulai bisnis sendiri ini juga tidak kalah penting dengan cara memulai bisnis yang lainnya. Pasalnya, di dunia bisnis ada yang namanya persaingan. Jadi, dengan cara memulai bisnis yang satu ini Anda harus menentukan keunikan dari produk atau jasa di usaha Anda. Tujuannya agar Anda bisa melewati proses persaingan bisnis tersebut.

Terlebih saat ini persaingan usaha semakin ketat, sehingga setiap produk atau jasa yang dipasarkan harus memiliki daya tarik lebih dan menarik hati konsumen.

Selain itu, dengan menentukan keunikan produk atau jasa usaha Anda, para konsumen akan lebih mengingat produk Anda dibanding dengan produk brand lain yang serupa.

3. Lakukan riset

Setelah Anda menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, tips dan cara memulai bisnis sendiri selanjutnya adalah melakukan riset. Hal ini untuk mengetahui seluk beluk jenis usaha yang Anda jalani.

Riset juga dibutuhkan agar Anda dapat menentukan trend yang sedang digandrungi oleh para konsumen saat ini, sehingga Anda dapat menentukan strategi usaha yang tepat sasaran dan memberikan keuntungan serta perkembangan yang siginifikan.

Riset juga diperlukan untuk menentukan cara memulai bisnis sendiri yang baik dalam menemukan keuangan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan dijalani.

Dengan melalukan riset, Anda dapat memaksimalkan kelebihan dan meminimaliris kekurangan dari produk dan jenis usaha tersebut. Melalui riset juga Anda bisa menentukan supplier atau penyedia jasa bahan baku yang berkualitas dan terpercaya untuk usaha Anda.

4. Buat anggaran

Tips dan cara memulai bisnis sendiri selanjutnya adalah membuat anggaran terlebih dahulu sebelum Anda menjalankan usaha. Sebagai pemula, Anda tentunya perlu membuat catatan keuangan. Ini penting karena sebelum memulai melakukan rencana bisnis yang menyeluruh terkait alur kerja operasional, jangan sampai Anda melampau budhet atau modal yang dimiliki.

Membuat anggaran juga penting dalam memaksimalkan jalannya strategi bisnis Anda. Buatlah anggaran sesuai dengan kebutuhan esensial dari usaha Anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk menyempurnakan seluruh lini dari bisnis.

Jika Anda tidak berhemat dan memiliki anggaran yang baik, bisa-bisa jadi Anda yang akan rugi nantinya.

4. Persiapkan modal

Setelah Anda memiliki anggaran yang final, tips dan cara memulai bisnis sendiri selanjutnya yaitu persiapkan modal. Dalam menjalankan langkah cara memulai bisnis ini, pastikan Anda memiliki tabungan untuk modal usaha terlebih dahulu.

Jangan terburu-buru untuk meminjam modal jika dirasa Anda tidak memiliki keyakinan yang tepat untuk mengembalikan modal yang Anda pinjam.

Jika dirasa masih kurang, Anda bisa lebih dulu meningkatkan nominal uang yang ada di dalam tabungan Anda. Jangan merasa bahwa Anda akan terlambat dalam memulai usaha.

Tidak ada kata terlambat, karena tren di kalangan konsumen sifatnya dinamis dan akan terus bergulir seiring zaman dan inovasi teknologi akan terus berkembang demi menghadirkan kemudahan dalam melakukan bisnis.

Dengan bersabar sedikit, bisa saja nanti Anda menemukan strategi yang lebih baik dan relevan dalam menjalankan bisnis sehingga dapat memberi keuntungan yang lebih baik dari saat ini.

5. Tentukan Waktu untuk Memulai Bisnis

Tentukan waktu untuk memulai bisnis Anda dengan tepat jangan menentukan waktu secara asal-asalan, karena cara memulai bisnis bukan perkara main- main. Jika sudah menentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha, Anda jangan terburu-buru karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian.

Misalnya, saat mendekati bulan suci Ramadhan, usaha yang paling tepat adalah berjualan busana muslim dan kue-kue lebaran. Dari contoh tersebut Anda bisa memiliki gambaran jelas soal waktu yang tepat untuk memulai usaha.

6. Buatlah strategi promosi yang tepat untuk produk atau jasa

Tips dan cara memulai bisnis sendiri ini harus Anda pikirkan matang-matang dan tepat sasaran. Membuat strategi promosi yang tepat untuk usaha Anda merupakan hal wajib. Tujuannya, untuk memperkenalkan produk usaha Anda ke calon konsumen.

Semakin tepat promosi yang dilakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk di usaha Anda. Dengan semakin canggihnya dunia digitalisasai, produk Anda bisa dipromosikan di media sosial atau platform jual beli.

7. Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan juga sangat penting dalam memulai bisnis untuk pertama kalinya. Anda harus melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat di tengah usaha yang berjalan. Dengan demikian, usaha yang sedang Anda jalankan dapat berkembang darn modal yang sudah dipertaruhkan bisa cepat kembali dan menghasilkan keuntungan.

Dengan keuntungan yang Anda miliki, alangkah baiknya bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara menabung. Dengan menabung sedikit keuntungan secara rutin, nantinya Anda bisa mengalokasikan dana yang tersedia untuk menambah modal usaha dalam rangka pengembangan bisnis.

Itulah tips dan cara memulai bisnis sendiri yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut