Kodim 0613 Ciamis Ajak Generasi Muda di Kota Banjar Terlibat Pertanian untuk Jaga Ketahanan Pangan

Budiana Martin
Kodim 0613 Ciamis Ajak Generasi Muda di Kota Banjar Terlibat dalam Pertanian untuk Jaga Ketahanan Pangan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.idKodim 0613 Ciamis mengadakan panen raya padi sebagai bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan nasional pada 2024. 

Kegiatan ini dilaksanakan lahan pertanian milik Kelompok Tani Santana 2, yang berlokasi di Lingkungan Siluman Baru, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, pada Selasa (27/8/2024).

Dalam acara tersebut, Kodim 0613 Ciamis mengundang generasi muda untuk ikut serta mengenal dan mengelola lahan pertanian di daerah mereka. 

Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Afiid Cahyono, mengatakan, bahwa panen raya ini merupakan kegiatan rutin bagi para petani. 

Namun saat ini, TNI turut serta dalam mendukung ketahanan pangan nasional karena banyak negara pengekspor beras mulai membatasi ekspor mereka.

"Indonesia memiliki potensi pertanian yang luas dan subur. Seharusnya kita bisa mencapai swasembada pangan," ujar Letkol Inf Afiid Cahyono.

Ia juga menyoroti bahwa pertanian adalah investasi yang sangat berharga. Banyak petani yang mulai beralih ke tanaman seperti durian dan melon yang bukan merupakan kebutuhan pokok, sementara pertanian kebutuhan pokok masih sangat kurang.

"Panen ini merupakan bagian dari indeks panen (IP) ke-2. InsyaAllah kita akan menanam lagi untuk mencapai IP ke-3, bahkan IP ke-4," ujarnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network