Logo Network
Network

Bupati Garut Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Ii Solihin
.
Rabu, 06 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Bupati Garut Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana
Bupati Garut Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana. (Foto: iNews.id/Ii Solihin)

GARUT, iNews.id - Pemkab Garut mulai menyiapkan diri menghadapi musim penghujan tahun ini. Dalam menghadapi musim penghujan yang sering mengakibatkan berbagai bencana alam, Bupati Garut, Rudy Gunawan, memimpin Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Siaga Bencana dan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2021. 

Apel digelar di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (6/10/2021).

Apel tersebut diikuti ratusan personel terdiri dari Kodim 0611/Garut, Brimob Subden 4, Polres Garut, Satpol PP Kabupaten Garut, BPBD, Dishub, Tagana, Baznas, dan para relawan.

Bupati Garut mengatakan, daerahnya memiliki ancaman kebencanaan hidrometeorologi yang lengkap. Diantaranya curah hujan yang tinggi dan pergerakan tanah. 

Karena itu mitigasi bencana adalah langkah-langkah yang harus dilakukan secara teknokratik. "Harus disosialisasikan kepada masyarakat  bagaimana cara mengantisipasi bilamana terjadi bencana, sehingga risikonya bisa dikurangi," kata dia dalam sambutannya.

Menurut Bupati, bencana alam tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Namun, kata dia, tekhnologi dapat memprediksi serta memiliki kesiap siagaan dalam menangani bencana tersebut. "Mitigasi bencana sebagai satu upaya untuk mengurangi risiko bencana. 

Program mitigasi bencana dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana," tutur dia.

Bupati mengajak seluruh stakeholder berkoordinasi dalam pencegahan serta penanganan kebencanaan di Kabupaten Garut. Ia mengimbau seluruh elemen masyarakat melakukan langkah kongkret dan bersinergi. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.