get app
inews
Aa Read Next : Kakorlantas: Volume Kendaraan saat Mudik Lebaran 2023 Diperkirakan Meningkat

Dua Minggu Dibuka, Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Masih Sepi Pengunjung

Jum'at, 01 Oktober 2021 | 14:46 WIB
header img
Objek wisata Situ Gede di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya masih sepi pengunjung. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Objek wisata Situ Gede yang berada di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, saat ini sudah dibuka kembali. Izin pembukaan salah satu tempat wisata favorit ini diberikan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya sejak dua pekan lalu.

Sebelumnya Objek Wisata Situ Gede ini sempat ditutup sementara, karena kondisi pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang sempat mengalami peningkatan, dan masuk PPKM Level 4. 

Namun seiring dengan terus menurunya kasus Covid-19, dan saat ini Kota Kota Tasikmalaya sudah masuk Level 3, aktivitas di tempat wisata sudah mulai terlihat. 

Sejak dibuka Lebih kurang dua pekan yang lalu, namun jumlah pengunjung di Objek Wisata Situ Gede hingga saat ini masih belum begitu ramai. 

Kondisi ini membuat sejumlah pemilik warung nasi dan kuliner yang berada di sekitar Situ Gede, belum berani untuk buka, terlebih saat ini pengunjungnya masih sepi. 

Menurut salah seorang penjual ikan bakar di Situ Gede, Budi Rahmat (39) mengatakan, selama dua minggu terakhir ini jumlah pengunjung ke Situ Gede masih relatip sepi. Namun, dirinya masih bersyukur karena saat ini pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah memperbolehkan tempat wisata untuk buka, sehingga dirinya bersama pedagang lain bisa kembali berjualan.

“Kondisinya masih sepi jika dibandingkan saat sebelum PPKM. Pedagang juga banyak yang tutup. Bahkan dirinya mengaku harus tutup selama 2 Minggu saat PPKM karena memang tidak ada pengunjung,” kata Budi. 

Dirinya berharap pemerintah bisa memberikan kelonggaran kepada para pedagang saat pelaksanaan PPKM, agar perekonomian masyarakat bisa terus berjalan, karena mereka juga harus mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari untuk keluarganya.

“Inginya sih bisa tetap buka, dan ada banyak pelonggoran dalam pelaksanaan PPKM. Alhamdulillah sudah dua minggu ini bisa buka kembali, jadi bisa kembali jualan,” ujarnya.

Sementara itu menurut salah seorang petugas tiket objek wisata Situ Gede, Dudi Iskandar, sejak dibuka kembali dua pekan lalu, jumlah pengunjung Situ Gede belum terlalu banyak. Jumlah pengunjung dalam sehari rata-rata hanya sekitar seratus orang.  

“Kondisinya masih belum banyak pengunjung. Terlebih kondisi debit air di Situ Gede sendiri masih belum maksimal, bahkan malah surut," kata Dudi.

Dudi juga menambahkan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap dunia pariwisata, khususnya objek wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya. Terlebih dalam beberapa bulan terakhir hingga saat ini debit air Situ Gede juga menurun, dan ini juga berpengaruh terhadap jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang. 

“Surutnya debit air di objek wisata Situ Gede sudah terjadi cukup lama, terlebih saat ini masih musim kemarau. Debit air Situ Gede kondisinya normal sekitar 4 bulan, dalam setahun saat musim hujan. Disaat musim kemarau bulan debit air akan menurun," ujarnya. 

Dudi juga menjelasakan, jika kondisi cuaca bagus atau cerah jumlah pengunjung ke Situ Gede setiap harinya rata-rata hanya seratus orang. Namun berbeda jika turun hujan pengunjung juga akan sepi. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut