get app
inews
Aa Read Next : Karnaval PAUD se-Kota Tasikmalaya, Ivan: Pengembangan Anak Usia Dini Masuk dalam Prioritas SDGs

Hewan Peliharaan di Kota Tasikmalaya Divaksin Rabies Gratis

Selasa, 28 September 2021 | 13:36 WIB
header img
Hewan Peliharaan di Kota Tasikmalaya divaksin Gratis (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Menyambut Hari Rabies Sedunia, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, menggelar vaksin gratis bagi pemilik hewan peliharaan. Kegiatan yang digelar digelar Selasa (28/9/2021) tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, musang, maupun monyet. 

"Kegiatan ini gratis. Kita menyiapkan sebanyak 400 dosis vaksin rabies bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan," kata kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi.

Tedi mengatakan, sebelum dilakukan vaksinasi bagi hewan peliharaan pihaknya membuka pendaftaran secara online terlebih dahulu. Dari pendaftaran tersebuit, kata dia, sebanyak 49 warga pemilik hewan peliharaan akan mengikuti vaksin. 

Namun demikian, kata dia, masih banyak warga yang datang langsung ke tempat vaksin di kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya." Yang daftar online sebanyak 49. Tapi yang datang langsung dengan membawa hewan peliharannya juga banyak," ujar dia.

Dikatakan Tedi, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa memiliki hewan peliharaan yang sehat. Dengan divaksin rabies, imbuh dia, justru hewan peliharaan akan terhindar dari penyakit.

"Kalau hewan sudah terkena penyakit akan serang manusia, akan menggigit, mencakar. Karena itu mitos bahwa hewan peliharaan yang divaksin akan sakit itu salah. Justru sebaliknya divaksin itu agar hewan sehat," cetus dia.

Kegiatan vaksin gratis ini, kata Tedi, akan dilakukan di kantor, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya selama persediaan vaksin ada. 

Karena itu bagi masyarakat yang ingin memvaksin hewan peliharannya bisa datang langsung. "Tidak hanya hari ini. Bagi yang akan vaksin rabies silahkan datang selama vaksin ada," ujarnya.

Kegiatan vaksin rabies ini disambut antusias masyarakat yang memiliki hewan peliharaan. Yuli (30) warga Indihiang, Tasikmnalaya, sengaja membawa kucing kesayangannya untuk di vaksin. 

Ia mengatakan kegiatan vaksin seperti ini jarang dilakukan. "Sayang kalau dilewatkan. Kan lumayan mahal kalau kita vaksin sendiri. Bisa mencapaui Rp 200 ribu sekali vaksin," cetus dia.
 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut