get app
inews
Aa Text
Read Next : 2 Desa di Panumbangan Ciamis Dilanda Banjir, Ratusan Rumah dan Sawah Terendam

Dekatkan Pelayanan ke Warga, Pemkab Ciamis Hadirkan 55 Layanan lewat Pepatah Manis di Sindangkasih

Kamis, 24 April 2025 | 19:21 WIB
header img
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, yang membuka langsung kegiatan pelayanan publik yang inklusif melalui program unggulan Pepatah Manis (Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis). Foto: iNewsTasikmalaya.id/Febrian Libelvalen.

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pelayanan publik yang inklusif melalui program unggulan Pepatah Manis (Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis).

Sebanyak 55 jenis layanan dari 23 Unit Pelayanan Publik (UPP) dihadirkan langsung di Gedung Dakwah Kecamatan Sindangkasih, pada Kamis (24/4/2025) untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan rutin yang digagas pemkab Ciamis ini untuk memastikan akses layanan pemerintahan lebih cepat, mudah, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama warga di daerah pelosok.

Kegiatan tersebut juga menjadi implementasi nyata dari kesepakatan bersama antara Pemkab Ciamis dan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, yang membuka langsung kegiatan ini, menegaskan bahwa Pepatah Manis bukan sekadar inovasi melainkan bentuk nyata pemerintah dalam mendekatkan jarak antara masyarakat dengan layanan publik.

“Kami Pemda akan selalu konsisten dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Tak hanya layanan administrasi seperti kependudukan, kesehatan, hingga perizinan, kegiatan ini turut diramaikan oleh Operasi Pasar Murah (OPM) yang semakin menarik antusiasme warga.

Banyak warga yang hadir memanfaatkan layanan ini dengan mengurus berbagai dokumen tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor instansi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Herdiat juga menyerahkan penghargaan kepatuhan pelayanan publik tahun 2024 kepada sejumlah unit pelayanan yang dinilai berkinerja baik. Namun, ia mengingatkan agar penghargaan tidak menjadi tujuan utama.

“Jangan berharap pada selembar kertas penghargaan. Utamakan pelayanan kepada masyarakat. Kalau pun ada penghargaan, itu hanya bonus atas kerja keras kita,” pesannya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Ombudsman RI atas kolaborasi yang erat selama ini. Ia berharap Pepatah Manis tak sekadar menjadi kegiatan rutin, tetapi benar-benar memberi dampak langsung bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Sindangkasih dan sekitarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut