Diskominfo Kota Tasikmalaya Luncurkan Tasik HUB untuk Tingkatkan Layanan Informasi kepada Masyarakat

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya menghadirkan terobosan baru dengan meluncurkan Tasik HUB.
Tasik HUB sendiri merupakan sebuah platform digital yang mengintegrasikan berbagai layanan dalam satu aplikasi yang saat ini terus dikembangkan oleh Diskominfo Kota Tasikmalaya.
"Tasik HUB mulai berjalan dan akan terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat," kata Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, H Hanafi dalam acara Musrenbang sektoral Diskominfo Kota Tasikmalaya di Aula Bappelitbangda, Senin (17/2/2025).
Menurut Hanafi, melalui Tasik HUB, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, stok darah, layanan darurat GeCe 112, layanan administrasi kelurahan serta berbagai informasi publik lainnya.
"Aplikasi ini sudah bisa diunduh di Google Play Store dan akan terus disempurnakan agar lebih optimal dalam pelayanan informasi. Mengingat, beberapa keluhan masyarakat muncul lantaran terlalu banyak portal, aplikasi atau akses untuk urusan atau layanan tertentu," jelasnya.
"Ini sesuai arahan Menpan-RB. Maka dari itu, kita hadirkan Tasik HUB ini sebagai salah satu pemenuhan layanan informasi dan juga salah satu layanan informasi dan juga salag satu implementasi SPBE," tambahnya.
Selain itu, Hanafi menyebut, aplikasi lainnya yang saat ini terus dikembangkan ialah Hologram Artificial Intelegen (Hai Tasik) yang telah mencapai generasi ketiga.
"Saat ini, sudah tersedia dua unit yang dapat ditempatkan di lokasi-lokasi publik agar lebih mudah diakses masyarakat. Kita harap dukungan dari Bank BJB agar program ini bisa terus diperluas," tandasnya.
Editor : Asep Juhariyono