get app
inews
Aa Read Next : Nanang Permana Yakin 118.000 Pemilih PDIP di Ciamis Dukung Penuh Pasangan Jeje-Ronal di Pilgub Jabar

Harga Telur Ayam di Ciamis Turun Drastis Jelang Bulan Mulud

Rabu, 04 September 2024 | 08:12 WIB
header img
Harga Telur Ayam di Ciamis Turun Drastis Jelang Bulan Mulud. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.idHarga telur ayam ras di berbagai pasar tradisional di Ciamis terus mengalami penurunan, termasuk di Pasar Subuh Ciamis

Harga telur yang sempat mencapai Rp32 ribu per kg, kini turun secara bertahap hingga menyentuh Rp250 ribu per kg dalam dua hari terakhir.

"Harga telur sekarang Rp250 ribu per kg, padahal sebelumnya masih di kisaran Rp26 ribu-Rp20 ribu per kg," ujar Anas, salah seorang pedagang sembako dan telur di Pasar Subuh Ciamis, Rabu (4/9/2024). 

Anas menuturkan, bahwa harga telur per peti (dengan berat sekitar 15 kg) di tingkat peternak saat ini bahkan lebih murah, berkisar antara Rp23, 5 ribu per kg hingga Rp 24 ribu per kg.

Penurunan harga telur yang terjadi menjelang bulan Mulud cukup membingungkan, mengingat biasanya pada periode ini harga telur justru mengalami kenaikan karena meningkatnya permintaan.

"Biasanya menjelang bulan Mulud, harga telur naik karena permintaan meningkat. Tapi sekarang malah merosot," kata tuturnya. 

Di tengah penurunan harga telur, para peternak ayam petelur justru dihadapkan pada kenaikan harga pakan, termasuk jagung dan bekatul. Kondisi ini membuat para peternak mengalami kerugian.

"Ketika harga telur turun, harga pakan justru naik. Para peternak sekarang sedang merugi," tambah Anas, yang juga seorang peternak ayam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut