get app
inews
Aa Read Next : Olah TKP di Pasar Cikurubuk, Polisi Cari Barang Bukti Lain Kasus Mayat dalam Karung di Tasikmalaya

Optimalisasi Layanan Cath Lab di Kota Tasikmalaya

Rabu, 21 Agustus 2024 | 14:48 WIB
header img
Optimalisasi Layanan Cath Lab di Kota Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya menggelar rapat kerja bersama BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan berbagai rumah sakit di kota tersebut pada Selasa (20/8/2024). 

Pertemuan ini difokuskan pada pembahasan layanan kesehatan, khususnya penanganan penyakit jantung yang hingga kini belum sepenuhnya tercover oleh BPJS.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Gilman Mawardi, S.Pd, menjelaskan bahwa rapat ini adalah bagian dari upaya untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) yang telah lama diperjuangkan di Kota Tasikmalaya. 

"Alhamdulillah, kami sudah mencapai UHC dan bahkan mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Namun, yang lebih penting adalah memastikan bahwa seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan ini, terutama dalam penanganan penyakit jantung," ujar Gilman. 

Gilman menekankan pentingnya layanan cepat untuk penyakit jantung, mengingat waktu penanganan yang sangat terbatas atau golden time.

Menurutnya, penundaan dalam penanganan dapat berakibat fatal bagi pasien, sehingga fasilitas seperti Cath Lab harus tersedia dan berfungsi optimal di rumah sakit di Kota Tasikmalaya.

"Saat ini, Rumah Sakit Jantung Kota Tasikmalaya belum sepenuhnya bekerja sama dengan BPJS dalam hal layanan Cath Lab, yang merupakan salah satu instrumen penting untuk diagnosa dan intervensi jantung. Oleh karena itu, kami memanggil semua pihak terkait untuk memastikan kerja sama ini segera terealisasi," tambah Gilman.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut