get app
inews
Aa Read Next : Plaza Asia Tasikmalaya Gelar Donor Darah untuk Rayakan Hari Jadinya yang ke-17

38 Warga Bungursari Kota Tasikmalaya Terjangkit DBD

Kamis, 25 Juli 2024 | 13:41 WIB
header img
Cegah DBD, Petugas Puskesmas Bungursari Periksa Tempat Penampungan Air Cari Jentik Nyamuk. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 38 orang di wilayah Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Hal itu disampaikan oleh Programer DBD Puskesmas Bungursari, Imam Surahman, disela-sela kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk di perumahan Mega Mutiara Tasik Regensi, Kamis (25/7/2024).

"Untuk saat ini yang kami tangani ada 38 orang yang DBD dari anak-anak hingga orang dewasa," ujar Imam. 

Dalam upaya mencegah penyebaran DBD agar tidak semakin meluas dan banyak warga yang terjangkit, dikatakan Imam, pihaknya bersama kader posyandu dan anak-anak magang dari SMK BPN Kota Tasikmalaya melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk ke lokasi-lokasi yang memang ditemukan adanya kasus DBD. 

"Hari ini kami bersama kader melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk ke rumah-rumah warga. Yang kita periksa itu tempat penampungan air seperti bak mandi, ember, dan dispenser," ungkapnya. 

Imam menyebut, dalam mencegah penyebaran DBD, hal yang bisa dilakukan adalah dengan meningkat kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dan menutup tempat-tempat penampungan air yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk. 

"Yang utama itu PSN ya, pemberantasan sarang nyamuk. Kemudian selalu mengecek tempat penampungan air, ada jentik nyamuknya tidak. Terus tingkatkan kesadaran kebersihan lingkungan," ungkapnya. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut