get app
inews
Aa Read Next : Peragaan Produk Unggulan Jawa Barat 2024, Pemkot Banjar Pamerkan Batik

Upaya Pemkot Banjar Manfaatkan Air Bendungan Leuwikeris untuk Lahan Pertanian Tadah Hujan

Selasa, 02 Juli 2024 | 16:05 WIB
header img
Upaya Pemkot Banjar Manfaatkan Air Bendungan Leuwikeris untuk Lahan Pertanian Tadah Hujan. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota Banjar berencana mengupayakan agar air dari Bendungan Leuwikeris dapat dimanfaatkan untuk area pesawahan tadah hujan di Desa Cibeureum dan sekitarnya. 

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar, Soni Horison, setelah melakukan kunjungan ke Bendungan Leuwikeris bersama Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, pada 24 Juni lalu.

Soni mengungkapkan, bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, Bendungan Leuwikeris akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada Agustus 2024 mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Soni menyatakan bahwa pihaknya telah membahas pemanfaatan air dari Situ Leutik untuk mengairi pesawahan di sekitar wilayah mereka. 

"Sudah kami bahas, itu harus dibuatkan saluran khusus dulu. Saat ini Leuwikeris masih dalam persiapan dan pengisian air," kata Soni, Selasa (2/7/2024).

Saluran khusus yang dimaksud oleh Soni adalah berupa pipa yang akan digunakan untuk mengalirkan air dari Leuwikeris dan kemudian ditampung di Situ Leutik. 

"Kalau terealisasi, ini akan mengairi pesawahan untuk wilayah Banjar barat. Sedangkan Banjar timur sudah mendapatkan air dari saluran irigasi BBWS Citanduy," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut