get app
inews
Aa Read Next : Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Selasa, 25 Juni 2024

Ini Cara Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya Bantu UMKM Pasarkan Produknya

Senin, 10 Juni 2024 | 18:06 WIB
header img
Ini Cara Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya Bantu UMKM Pasarkan Produknya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya terus memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk melakukan pelatihan digital marketing. Upaya ini dilakukan untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan pangsa pasar mereka.

"Salah satu cara untuk meningkatkan pangsa pasar adalah melalui pelatihan digital marketing, selain pemasaran secara offline," kata Kepala Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya, Apep Yosa, usai menggelar program dan materi literasi keuangan UMKM Naik Kelas Kota Tasikmalaya di Aula PPIK, Kecamatan Cibereum, Senin (10/6/2024). 

Menurut Apep, pemasaran produk secara online memungkinkan UMKM menjangkau berbagai daerah, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga regional dan internasional.

"Salah satu contoh yang sedang live tadi menunjukkan bagaimana UMKM dapat melakukan pemasaran dari rumah mereka sendiri. Kami juga mengundang mereka ke sini, karena fasilitas dan koneksi di tempat ini cukup bagus. UMKM ini terlibat dalam komunitas Paguyuban Antar Generasi Indonesia (Paragi)," ujarnya.

"Tujuannya adalah untuk membangun koneksi dengan berbagai daerah lain, sehingga mereka bisa berkolaborasi berdasarkan basis komunitas," tambahnya.

Apep menjelaskan, selain menyediakan Gedung PPIK sebagai tempat untuk live, fasilitas ini juga berfungsi sebagai live corner dan learning center, tempat para pelaku UMKM bisa belajar.

"Sehingga, pelaku UMKM di Kota Tasikmalaya yang tertarik membuka pangsa pasar yang lebih luas bisa memanfaatkan fasilitas ini. Kami memiliki database pelaku UMKM, dan syaratnya adalah memiliki NIB. Ketika mereka live, orang pasti akan menilai dan melihat persyaratan yang harus dipenuhi," terang dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut