get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 5 Juli 2024

Akibu Telpuysin: Cara Guru SDN 4 Cintaratu Ciamis Kenalkan Dunia Usaha pada Murid

Kamis, 06 Juni 2024 | 11:41 WIB
header img
Akibu Telpuysin: Cara Guru SDN 4 Cintaratu Ciamis Kenalkan Dunia Usaha pada Murid. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Inilah cara guru SDN 4 Cintaratu, Kabupaten Ciamis dalam mengenalkan dunia usia kepada para muridnya. Pada Mei lalu, sebanyak 22 murid kelas I SDN 4 Cintaratu Lakbok, Ciamis, mengunjungi home industri pembuatan telur asin di Dusun Citamiang, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.

Home industri pembuatan telur asin yang dikelola oleh Bayu, memang sudah cukup terkenal di wilayah Lakbok. Hasil produksi telur asinnya dipasarkan ke pasar lokal dan warung-warung warga.

Puluhan anak SDN 4 Cintaratu tersebut didampingi langsung oleh wali kelas mereka Lia NE. Di rumah produksi telur asin, mereka menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan telur asin dari telur bebek.

“Selain menambah pengetahuan siswa tentang pembuatan telur asin, kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan dunia usaha sejak dini kepada anak-anak,” ujar Lia kepada iNewsCiamisRaya.id jejaring iNewsTasikmalaya.id, Kamis (6/6/2024).

Menurut Lia, kunjungan ke rumah produksi telur asin ini merupakan bagian dari program P5 Kurikulum Merdeka. Para siswa tidak hanya sekadar bersilaturahmi, tapi sekaligus belajar bagaimana cara membuat telur asin dan mengenal dunia usaha.

“Setelah berkunjung ke rumah Ibu Bayu, kami juga mempraktikkan cara pembuatan telur asin di sekolah,” lanjut Lia.

Untuk praktek di sekolah, mereka menggunakan telur puyuh yang lebih kecil dan mudah diolah oleh anak-anak dibandingkan telur bebek.

“Telur itik cukup besar dan rawan jatuh jika dipegang anak-anak. Proses pembuatannya juga lebih rumit karena harus diamplas dulu kulitnya dan dilumuri tanah liat campur garam. Telur puyuh lebih cocok untuk anak-anak kelas 1 SD,” jelas Lia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut