get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 5 Juli 2024

Kreativitas Murid SDN 1 Sindangkasih Ciamis Ciptakan Tong Sampah Pintar dan Robot Infaq

Rabu, 05 Juni 2024 | 16:08 WIB
header img
Kreativitas Murid SDN 1 Sindangkasih Ciamis Ciptakan Tong Sampah Pintar dan Robot Infaq. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Tiga murid kelas V SDN 1 Sindangkasih, Ciamis, dengan bimbingan dari guru mereka, telah mengubah tong sampah menjadi lebih dari sekadar tempat untuk membuang sampah.

Melalui kreativitas mereka, tong sampah kini menjadi inovasi yang edukatif, mengajarkan tentang kebersihan dan kesopanan.

Kaila Felovia, M Abda Tauladani, dan Naufal Aji, bersama guru pembimbing mereka, Winda SPd, menciptakan tong sampah otomatis yang dapat membuka dan menutup sendiri, serta mengucapkan terima kasih saat digunakan.

Tong sampah ini dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi ketika seseorang mendekat untuk membuang sampah, sehingga bagian atas tong sampah akan terbuka. Setelah sampah dimasukkan, tong sampah tersebut akan menutup secara otomatis sambil mengucapkan terima kasih.

"Ide awalnya berasal dari lingkungan sekolah kami sendiri, di mana banyak sampah berserakan setiap hari. Maka, muncul gagasan untuk membuat tong sampah yang menarik dan menghibur," ujar Winda kepada iNewsCiamisRaya.id jejaring iNewsTasikmalaya.id di arena Ekspo Pendidikan yang digelar oleh Disdik Kabupaten Ciamis, Rabu (5/6/2024).

Ketiga murid tersebut sebelumnya mengikuti pelatihan kelas robotik. Dengan memanfaatkan tong sampah yang memiliki penutup, mereka memasang alat sensor yang dihubungkan dengan listrik. Proyek ini memakan waktu sekitar satu minggu untuk dirancang dan dipersiapkan untuk lomba.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut