get app
inews
Aa Read Next : HUT Bhayangkara Ke-78, PJU Polres Tasikmalaya Anjangsana ke Rumah Purnawirawan Polri

Cara Jitu Mahasiswa Kesmas Unsil Tasikmalaya Cegah Diabetes dengan Program Hymax

Jum'at, 31 Mei 2024 | 14:39 WIB
header img
Cara Jitu Mahasiswa Kesmas Unsil Tasikmalaya Cegah Diabetes dengan Program Hymax. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Mahasiswa Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kelompok Aetherial Nexus melaunching program Hydroponik Manonjaya Nexus (Hymax). 

Pantauan di lapangan, grand launching program Hymax tersebut digelar di Aula Desa Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (31/5/2024) pagi.

Adapun launching itu dihadiri langsung Koordinator PTM Puskesmas Manonjaya, H. Andi Ferdiansyah, S. Kep., Ners, Kepala Desa Manonjaya Kusaeri, S. IP, Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Program Unsil, Rian Aarie Gustaman, S. KM., M. Kes dan para kader puksesmas.

Ketua kelompok Aetherial Nexus Yolanda Priasti Irchamni menjelaskan, bahwa grand launching tersebut merupakan pengesahan program yang diberikan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Program Unsil, Rian Aarie Gustaman. Setelah grand launching itu nantinya akan pelatihan kepada para kader.

"Nah setelah grand launching ini baru kita masuk ke pelatihan untuk para kader supaya mengerti bagaimana cara perawatan hidroponik," ucap Yolanda.

Yolanda mengungkapkan, awal mula ditetapkannya pengesahan program Hymax pada Februari, di mana para mahasiswa disuruh mencari SWOT terlebih di Puskesmas terkait kelemahannya yang ada di wilayah Manonjaya. 

"Kedua pas kita survei kelapangan ternyata visioner itu pola makan mereka itu kurang baik, kurang makan sayur. Oleh karena itu, kita berinisiatif untuk membuat program hidroponik ini, supaya masyarakat itu makan sayur," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut