get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya Hari Ini, Minggu 19 Mei 2024

Puluhan Rumah di Kawasan Kaki Gunung Sawal Ciamis Terdampak Pergerakan Tanah, Ratusan Warga Ngungsi

Minggu, 05 Mei 2024 | 19:21 WIB
header img
Puluhan Rumah di Kawasan Kaki Gunung Sawal Ciamis Terdampak Pergerakan Tanah, Ratusan Warga Ngungsi. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 85 rumah di empat desa di empat kecamatan di Kabupaten Ciamis terdampak pergerakan tanah yang dipicu oleh cuaca ekstrem

Puluhan rumah warga yang terdampak pergerakan tanah tersebut berada di Desa Buniasih, Kecamatan Sindangkasih, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, dan Desa Payungagung, Kecamatan Panumbangan. 

Puluhan rumah yang terdampak pergerakan tanah tersebut lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Sawal. Sebanyak 38 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 137 jiwa terpaksa mengungsi ke mushola dan rumah kerabat yang cukup aman. 

“Lokasi terparah di Desa Budiasih, Sindangkasih, 41 KK terdampak  pergerkan tamah. Sebanyak  22 KK (87 jiwa) mengungsi,” ujar Kalak BPBD Ciamis Ani Supiani, Minggu (5/5/2024).

Hujan ekstrem yang mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya hampir setiap sore sampai malam selama seminggu sejak 25 April 2024, tidak hanya memicu pergerakan tanah, tapi menyebabkan tanah longsor di belasan lokasi di kawasan Ciamis Utara seputar kaki Gunung Sawal.

Lokasi pergerakan tanah yang terparah berada di Desa Buniasih, Kecamatan Sindangkasih. Sedikitnya 44 rumah terdampak dan 22 rumah ditinggalkan penghuninya mengungsi. 

"Ada 87 orang yang mengungsi karena rumah mereka terancam ambruk. Lantai, dinding bahkan halaman rumah retak-retak akibat pergerakan tanah. Serta di Dusun Cihideung II, 3 rumah terdampak 3 KK penghuninya (6 jiwa) mengungsi," ungkap Ani. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut