get app
inews
Aa Read Next : Liga 3 Nasional 2023/2024: PSGC Ciamis Siap Jadi Tuan Rumah Babak 32 Besar

3 Desa di Panumbangan Ciamis Terendam Banjir Luapan Sungai Citanduy, BPBD Evakuasi Warga

Jum'at, 26 April 2024 | 10:18 WIB
header img
3 Desa di Panumbangan Ciamis Terendam Banjir Luapan Sungai Citanduy, BPBD Evakuasi Warga untuk Ngungsi. Foto: dok. BPBD Ciamis

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Setidaknya 456 rumah warga di tiga desa di Kecamatan Panumbangan, Ciamis, terendam banjir pada Kamis (25/4/2024) malam. Desa-desa yang terkena dampak banjir adalah Desa Kertaraharja, Desa Tanjung Mulya, dan Desa Sindangherang.

Di Desa Kertaraharja, sebanyak 392 rumah di tiga dusun tergenang banjir dengan ketinggian air bervariasi antara 40 cm sampai 120 cm. Banjir ini dipicu oleh hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Ciamis sejak Kamis sore hingga malam, sehingga menyebabkan air Sungai Citanduy meluap ke pemukiman warga. 

Dampak terparah dirasakan di Dusun Panoongan, di mana 250 rumah terendam banjir. Selain itu, Dusun Cikopeng juga terkena dampak, dengan 127 rumah warga terendam banjir. Sedangkan di Dusun Sukapelang Wetan, 15 rumah juga tergenang banjir.

Banjir ini masih menyisakan dampak pagi ini, di mana sebagian warga Kertaraharja masih mengungsi di masjid dan madrasah setempat.

”Pagi ini dampak banjir Sungai Citanduy masih meluas, sebagian warga Kertaraharja masih mengungsi di masjid dan madrasah,” ujar Kalak BPBD Ciamis, Ani Supiani, Jumat (26/4/2024).

Warga yang terdampak banjir dievakuasi ke lokasi pengungsian oleh petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis, relawan Tagana, dan aparat lainnya. Mereka juga mendapatkan bantuan logistik berupa selimut, matras, paket sembako, dan makanan siap saji. Air bersih disediakan oleh PDAM Tirta Galuh Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut