get app
inews
Aa Read Next : Hasil Liga 3 Nasional 2023/2024: Imbang Lawan Persip 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke Babak 16 Besar

Diguyur Hujan Deras, Tebing Longsor Ancam Rumah Warga di Ciamis

Sabtu, 13 April 2024 | 16:15 WIB
header img
Diguyur Hujan Deras, Tebing Longsor Ancam Rumah Warga di Ciamis. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Warga Dusun Naratel, Desa Nagarawangi, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, digemparkan oleh bencana longsor yang hampir menyeret rumah Rudi Mahmudin (54) pada Jumat (13/4/2024) sekira pukul 11.30 WIB. 

Longsor terjadi setelah hujan lebat melanda daerah tersebut pada malam sebelumnya. Tebing curam dengan ketinggian puluhan meter di Dusun Naratel longsor, menimbun sekitar satu hektar lahan sawah dan kebun di bawahnya.

Selain itu, longsor hampir menyeret rumah Rudi Mahmudin yang berada di atas tebing tersebut. Halaman rumah yang ditempati oleh tiga kepala keluarga (KK) sebanyak 11 jiwa, sudah terseret longsor dan tidak tersisa. Kondisi rumah pun sangat mengkhawatirkan dan terancam ambruk jika terjadi longsor susulan. 

"Rumah korban sudah tidak layak huni lagi karena berada langsung di atas tebing yang longsor," kata Camat Panawangan Kusdinar, seperti dikutip iNewsCiamisRaya.id pada Sabtu (13/4/2024).

Tingginya tebing yang longsor mencapai puluhan meter, dengan bagian yang longsor mencapai sekitar 150 meter persegi.

Setelah kejadian tersebut, warga bersama aparat desa, kecamatan, relawan Tagana, dan BPBD Ciamis bergotong royong mengevakuasi harta benda korban ke musola Al Muhajirin di lingkungan RT setempat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut