get app
inews
Aa Read Next : Daftar Nomor Telepon Penting untuk Masyarakat Kota Banjar saat Mudik

Awak Bus Angkutan Mudik 2024 Ditest Urine di Terminal Ciamis

Jum'at, 05 April 2024 | 21:47 WIB
header img
Awak Bus Angkutan Mudik 2024 Ditest Urine di Terminal Ciamis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Polres Ciamis melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) angkutan bus AKDP maupun AKAP yang melintas di Terminal Ciamis pada Jumat (5/4/2024) siang.

Kepala Dishub Ciamis, Dadang Mulyatna, menjelaskan bahwa kegiatan ramp check tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang (pemudik) dalam kondisi layak jalan. Beberapa aspek yang diperiksa termasuk lampu, sistem pengereman, kondisi ban, klakson, serta kelengkapan surat-surat kendaraan dan SIM sopir.

"Dari hasil ramp check yang dilakukan siang tersebut, tidak ada bus yang disuruh kembali ke pool-nya, semuanya dianggap layak untuk mengangkut penumpang (pemudik)," ungkap Dadang.

Selain memeriksa kelaikan bus, para awak bus juga menjalani test urine dan diperiksa kondisi tubuh mereka seperti tensi dan saturasi. Kepala BNN Ciamis, Yaya Suryadijaya, menyatakan bahwa hasil test urine menunjukkan semua awak bus negatif terhadap penggunaan narkoba, dan kondisi mereka dalam keadaan sehat.

"Test urine dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang angkutan mudik," jelas Yaya.

Seorang pengemudi Bus Budiman trayek Pangandaran-Bekasi, Dani (37), menjelaskan bahwa bus yang ia kemudikan baru saja menjalani ramp check di Terminal Banjar dan hasilnya layak. Selanjutnya, mereka menjalani test urine di Terminal Ciamis dan hasilnya juga negatif.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut