get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Kota Banjar dan Sekitarnya, Rabu 8 Mei 2024: Siang Hari Berawan

Air Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Diklaim Mampu Cegah Penyebaran DBD

Sabtu, 30 Maret 2024 | 14:19 WIB
header img
Air Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Diklaim Mampu Cegah Penyebaran DBD. Foto: Ilustrasi/Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Anom Kota Banjar, E Fitrah Nurkamilah, mengklaim bahwa air yang diproduksinya mampu menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerahnya.

"Cara efektif untuk menekan penyebaran DBD adalah dengan menerapkan pola hidup sehat 3M (Menguras, Menutup, Mengubur tempat berkembangnya jentik nyamuk)," kata Fitrah, Sabtu (30/3/2024).

Selain itu, penyebaran kasus DBD juga dapat dicegah dengan kualitas air yang diproduksi oleh Perumdam Tirta Anom Kota Banjar. Menurutnya, air yang diproduksinya mengandung chlorine sebagai antibakteri dan terdapat kandungan dari Kementerian Kesehatan.

"Kalau air dari kami, Insya Allah tidak akan ada jentik nyamuk karena mengandung chlorine sebagai antibakteri," ujarnya.

Dengan demikian, penyebaran jentik nyamuk minimalnya tidak akan berkembang, terutama ketika musim hujan seperti sekarang.

"Sehingga kami menyarankan agar warga mau memanfaatkan air bersih Perumdam Tirta Anom untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya," tambahnya.

Sementara itu, kasus DBD di Kota Banjar, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Banjar per Januari hingga 28 Maret 2024, tercatat ada 101 kasus yang ditemukan di Banjar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut