get app
inews
Aa Read Next : Belasan Rumah Rusak Terdampak Pergerakan Tanah di Desa Budiasih Ciamis, 12 Keluarga Ngungsi

Harga Cabai di Pasar Ciamis Turun Drastis Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H

Jum'at, 29 Maret 2024 | 17:56 WIB
header img
Harga Cabai di Pasar Ciamis Turun Drastis Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Memasuki pertengahan bulan puasa, harga cabai di Pasar Manis Ciamis malah mengalami penurunan drastis. Dalam rentang dua minggu menjelang Lebaran, harga berbagai jenis cabai eceran merosot tajam.

Cabai merah lokal tanjung, yang awalnya mencapai Rp120 ribu per kg pada awal bulan puasa, kini telah turun menjadi Rp60 ribu per kg. Begitu juga dengan cabai merah keriting, yang turun dari Rp100 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg dalam dua minggu ini.

"Pada pertengahan bulan Ramadan ini, semua jenis cabai mengalami penurunan harga," ujar Henhen, seorang pedagang sayur mayur di Blok A Pasar Manis Ciamis seperti dikutip iNewsCiamisRaya.id pada Jumat (29/3/2024).

Selain cabai merah lokal dan cabai merah keriting, cabai lokal ijo juga turun dari Rp60 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg, sedangkan cabai keriting ijo mengalami penurunan dari Rp60 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg. 

Begitu juga dengan harga cabai rawit (cengek) domba yang turun dari Rp80 ribu per kg menjadi Rp60 ribu per kg, dan cabai rawit ijo (cengeh tahu) yang turun dari Rp70 ribu per kg menjadi Rp60 ribu per kg.

Penurunan harga cabai ini diduga karena permintaan yang juga menurun. Para konsumen, terutama ibu rumah tangga, menjelang Lebaran lebih fokus pada kebutuhan lebaran seperti kue dan pakaian.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut