get app
inews
Aa Read Next : Respon Positif Tingginya Minat Masuk Anggota, PWI Jabar Gelar OKK Perdana Tahun 2024

GenRe Jabar Siap Jadi Akselerator Zero New Stunting Melalui Inovasi Si Data Genting

Jum'at, 15 Maret 2024 | 16:17 WIB
header img
Genre Jawa Barat (Jabar) siap terlibat sebagai akselerator zero new stunting melalui inovasi sistem informasi data untuk mencegah stunting, dikenal dengan Si Data Genting. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Genre Jawa Barat (Jabar) siap terlibat sebagai akselerator zero new stunting melalui inovasi sistem informasi data untuk mencegah stunting, dikenal dengan Si Data Genting.

Inovasi ini merupakan bagian dari persiapan untuk Masa Emas Indonesia 2045. Jabar telah mengadopsi tagline Jawa Barat Zero New Stunting. Pada 2019, Jabar berada di peringkat 11 dengan angka stunting sebesar 26,21 persen.

Namun, melalui berbagai upaya dan kerja keras, angka stunting di Jabar saat ini telah menurun drastis menjadi hanya 6,01 persen. Data terbaru per 15 Oktober 2023 mencatat sebanyak 178.058 balita mengalami stunting, turun dari 183.440 balita pada tahun 2022.

Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi semua pihak di Provinsi Jabar, termasuk Generasi Berencana (GenRe).

Pada 2023, GenRe Jabar mulai mengambil tanggung jawab dalam intervensi pencegahan stunting dari sumbernya menggunakan modul edukasi gizi dan pencegahan anemia yang dikembangkan oleh Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI.

Wakil Ketua Forum GenRe Jabar, Dini Zakiyah, menyatakan komitmennya dalam upaya ini melalui workshop di Jakarta pada 22 Februari 2023.

“Jabar masuk dalam 12 provinsi yang menjadi fokus penanganan stunting dengan sasaran remaja tertinggi, mencapai 428.427 jiwa remaja,” ujar Dini.

Untuk mengatasi tantangan ini, Tim GenRe Jabar merancang strategi dan inovasi, termasuk pengembangan Sistem Informasi Data GenRe Cegah Stunting atau Si Data Genting untuk mempercepat pencapaian zero new stunting.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut