get app
inews
Aa Read Next : Dosen Farmasi Institut Teknologi Bandung Resmikan Desa Mitra di Tanjungsari Tasikmalaya

Pembangunan Insfrastruktur Suprastruktur dan Sarana Prasarana Jadi Prioritas Disdik Kota Tasikmalaya

Rabu, 21 Februari 2024 | 19:24 WIB
header img
Pembangunan Insfrastruktur, Suprastruktur dan Sarana Prasarana Jadi Prioritas Disdik Kota Tasikmalaya di 2025. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2025 Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Aula RM Sambel Hejo, Jalan Mashudi, Kecamatan Tamansari, Rabu (21/2/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan. Turut hadir Sekertaris Komisi V DPRD Kota Tasikmalaya, Murjani, Bappelitbangda, dan peserta musrenbang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ivan Dicksan, mengatakan, bahwa musrenbang ini jangan terjebak ke hal-hal yang sifatnya rutin atau hanya sekadar bicara pagu, kemudian program-program terus berulang-ulang. Namun, harus bisa jadi bahan evaluasi, mana program yang efektif  dan mana yang tidak.

"Ini kan harus tahu tujuannya. Nah, salah satunya ini kan ada indikator-indikator makro terkait dengan pendidikan. Rata-rata lama sekolah, harapan sekolah, indeks pendidikan di IPM. Nah, kita target misalnya berapa? Nah, untuk mencapai target itu, apa yang harus kita lakukan," kata Ivan.

"Satu program itu ujungnya akan dilihat. Misal ada anggaran sekian puluh miliar untuk kemiskinan. Angka kemiskinanya turun gak? Kalau gak turun ya gagal," tambah Ivan.

Menurut Ivan, Plt Kadisdik dan stakeholder lainnya harus berani menghasilkan dan merencanakan target-targetnya. "Dinas Pendidikan tidak bisa jalan sendiri, ada program-program yang harus match dengan disnaker, ada program juga yang kolaborasi dengan dinas sosial, dinas kesehatan, dan lainnya. Semua saling terkait," ungkapnya.

Plt Kadisdik Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, menyebut, bahwa masalah urgensi di disdik untuk diselesaikan di 2025. Sehingga aksesbelitas, infrastruktur, suprastruktur atau sarana prasana tersebut menjadi prioritas disdik di 2025 nanti.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut