get app
inews
Aa Read Next : Politik Uang dan Hukum Menerima Sogokan Pemilu dalam Perspektif Islam

Kondisi Sakit Tak Surutkan Niat dan Semangat Tika Suwantika Datang ke TPS untuk Nyoblos

Rabu, 14 Februari 2024 | 17:52 WIB
header img
Kondisi Sakit Tak Surutkan Niat dan Semangat Tika Suwantika Datang ke TPS untuk Nyoblos

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Meski memiliki keterbatasan kesehatan, seorang pemilih lanjut usia (lansia) di Kota Tasikmalaya, tak menyurutkan niatnya untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu terlihat dari semangat seorang lansia bernama Tika Suwantika (64) warga Kampung Cipicung, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Bahkan, untuk pergi ke TPS 22 yang berada di wilayah tersebut, Tika harus berjalan menempuh jarak sekitar 500 meter dari rumahnya dengan menggunakan jangka yang dipapah oleh anaknya.

Sesampainya di TPS, Tika pun harus terus didampingi anaknya dan petugas KPPS menuju pendaftaran, penukaran undangan, pencoblosan surat suara hingga memasukan kertas suara ke kotak suara.

"Alhamdulillah ibu mah masih semangat, meski harus dipapah jalannya dan menggunakan jangka," ucap Tika pada wartawan usai pencoblosan di TPS 22 Tugujaya.

Pada kesempatan itu juga, Tika sempat menyinggung generasi muda yang memiliki kondisi sehat, tetapi malas untuk pergi ke TPS.

"Ayo yang pada sehat, semangat buat nyoblos. Apalagi, anak muda masih banyak yang golput, jangan kalah sama ibu," ajak Tika pada generasi muda.

Menurutnya, penentuan untuk menemukan pemimpin Indonesia yang baru itu dimulai dari suara rakyat yang memilih. 

Sehingga, lanjut Tika, momen Pemilu lima tahunan itu sangat penting bagi dirinya untuk datang k TPS langsung meskipun petugas menyadiakan sistem jemput bola.

"Tadi juga ada informasi akan ada petugas KPPS yang mau datang ke rumah, tapi ibu milih datang langsung. Karena ini nyoblos lima tahun sekali kan, jadi gak afdol rasanya kalau tidak datang," bebernya.

Berkat semangat yang diperlihatkan Tika meski sedang dalam keadaan kurang sehat, lansia itu pun diberikan hadiah oleh petugas KPPS berupa makanan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut