get app
inews
Aa Read Next : Ini Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung yang Terjang Kawasan Industri di Jatinangor Sumedang

29 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang

Rabu, 31 Januari 2024 | 19:13 WIB
header img
29 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang. Foto: FK Tagana Ciamis

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Cuaca di Ciamis belakangan ini terus menghadirkan tantangan. Setiap sore, hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang seringkali mewarnai kondisi cuaca di daerah tersebut.

Dalam seminggu terakhir, di Ciamis terjadi berbagai bencana hidrometeorologi, seperti longsor, banjir, angin puting beliung, dan pohon tumbang, yang hampir setiap hari menghantam wilayah tersebut.

Salah satu dampak terbaru adalah robohnya atap dapur rumah Mapahir, di Dusun Wanayasa, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, pada Selasa (30/1/2024) sore. Hal ini disebabkan oleh hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Relawan Tagana di Banjarsari, Uju Suparman, menjelaskan, bahwa atap dapur tersebut tidak mampu menahan beban akibat guyuran hujan deras, sementara kondisi bangunan telah banyak yang lapuk. “Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp10 juta,” ujar Uju, Rabu (31/1/2024).

Puing-puing runtuhan atap dapur Mapahir telah berhasil disingkirkan oleh warga bersama dengan aparat desa dan pemerintahan kecamatan setempat, termasuk babinsa, bhabinkamtibmas, serta sejumlah relawan dan organisasi masyarakat pada Rabu (31/1/2024).

Menurut data dari FK Tagana Ciamis, sebanyak 29 rumah di 10 kecamatan terdampak oleh hujan deras dan angin kencang pada Selasa (30/1/2024) sore hingga tengah malam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut