get app
inews
Aa Read Next : BMKG: Gempa Garut M6,5 Diakibatkan Aktivitas Deformasi Batuan dalam Lempeng Indo-Australia

Ini Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung yang Terjang Kawasan Industri di Jatinangor Sumedang

Rabu, 21 Februari 2024 | 20:39 WIB
header img
Ini Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung yang Terjang Kawasan Industri di Jatinangor Sumedang. Foto: dok. warga

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id - Angin puting beliung melanda kawasan industri di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Rabu (21/2/2024) sore.

Kejadian ini terjadi saat hujan deras, menyebabkan angin puting beliung menghantam area pemukiman warga serta merusak atap rumah di sekitar Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Data sementara dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, bahwa angin puting beliung tersebut merupakan dampak dari pertumbuhan awan cumulonimbus (CB) di sekitar lokasi kejadian.

Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu, menjelaskan, bahwa pantauan radar saat kejadian menunjukkan adanya hujan ekstrem di lokasi tersebut.

"Puting beliung merupakan hasil dari pertumbuhan awan CB, yang diikuti dengan hujan lebat dan angin kencang secara tiba-tiba dengan durasi singkat serta skala lokal," ujar Rahayu seperti dikutip iNewsJabar, pada Rabu (21/2/2024).

Rahayu mengungkapkan, bahwa kejadian cuaca ekstrem ini terkait dengan suhu permukaan laut yang relatif hangat di sekitar wilayah Indonesia, yang mendukung peningkatan suplai uap air ke wilayah Jabar dan sekitarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut