get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Babak 16 Besar Liga 3 Nasional 2023/2024, PSGC Ciamis Siap Tempur di Grup B

Dinding Rumah Warga di Cihaurbeuti Ciamis Jebol dan Terancam Longsor

Sabtu, 27 Januari 2024 | 19:25 WIB
header img
Dinding Rumah Warga di Cihaurbeuti Ciamis Jebol dan Terancam Longsor. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Dua rumah warga di Dusun Nanggela Kidul, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, terancaman ambruk akibat longsor. Rumah milik Tata (46) dan Dian Enawati (43) yang terletak di sampingnya kini menghadapi risiko serius.

Bagian belakang kedua rumah tersebut mengalami kerusakan parah setelah tebing setinggi 7 meter di belakang rumah tersebut runtuh akibat hujan lebat, pada Sabtu (27/1/2024). Rumah Tata mengalami kerusakan serius dengan dinding belakang dan pondasinya yang jebol, sehingga pondasinya kini menggantung.

Kedua keluarga penghuni rumah tersebut telah dievakuasi dan sementara ini tinggal di rumah saudaranya di RT yang sama. Evakuasi dilakukan sebagai tindakan antisipasi terhadap potensi longsor susulan dan untuk menyelamatkan barang-barang milik korban.

"Ketinggian tebing sekitar 7 meter. Khawatir rumah korban ambruk dan jebol masuk jurang tebing," ungkap seorang relawan senior dan penasehat FK Tagana Ciamis, Ade Deni.

Hujan lebat dan angin kencang yang melanda kawasan Ciamis Utara di kaki Gunung Sawal pada Sabtu siang tersebut memicu longsornya tebing bawah rumah milik kedua korban. Meskipun penghuni rumah selamat, mereka memilih untuk mengungsi. Kerugian materi akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai sekitar Rp25 juta.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut