get app
inews
Aa Read Next : BPBD Kabupaten Ciamis Himbau Warga Waspada Potensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang

Warga 2 Kampung Gotong Royong Bersihkan Material Longsor yang Tutup Jalan di Sodonghilir Tasikmalaya

Kamis, 11 Januari 2024 | 22:18 WIB
header img
Warga 2 Kampung Gotong Royong Bersihkan Material Longsor yang Tutup Jalan di Sodonghilir Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Puluhan warga Kampung Cibarengkok dan Bujalsari, Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, bahu-membahu membersihkan jalan yang tertimbun longsor.

Kerjabakti yang juga melibatkan unsur Forkopimcam dan Pemdes digelar pada Kamis (11/1/2024), setelah jalan tersebut tertimbun longsor yang terjadi sehari sebelumnya, Rabu (10/1/2024).

Jalan kampung tertimbun material longsoran hingga 15 meter dengan ketebalan sekitar 1 meter. Dengan menggunakan peralatan konvensional, sedikit demi sedikit material longsoran berhasil disingkirkan.

"Jenis material longsoran adalah tanah merah bukan pasir dan bebatuan, sehingga warga harus lebih keras bekerja karena struktur tanah liat bersifat lengket," kata Camat Sodonghilir, Uu Saeful Uyun, saat ditemui di lokasi.

Jalan yang tertimbun longsor berdekatan dengan permukiman warga. Proses pembuangan material terpaksa menggunakan sejumlah alat angkut dorong menuju semak belukar atau jurang.

Berkat kerja keras serta kekompakan warga kedua kampung bergotong-royong, menjelang sore seluruh material longsoran berhasil disingkirkan.

"Bahkan di beberapa titik sudah mulai dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan mesin pompa," kata Uu.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut