get app
inews
Aa Read Next : Warga Tasikmalaya Wajib Datang Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Bale Kota

Pemkot Tasikmalaya Gandeng BHRD dan Kemenag untuk Kalibrasi Arah Kiblat

Rabu, 10 Januari 2024 | 19:53 WIB
header img
Pemkot Tasikmalaya Gandeng BHRD dan Kemenag untuk Kalibrasi Arah Kiblat. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya bekerjasama dengan Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya untuk melakukan kalibrasi arah kiblat di setiap kantor pemerintah dan masjid.

Upaya kalibrasi arah kiblat ini diresmikan di kantor Pemkot Tasikmalaya pada Rabu (10/1/2024) pagi oleh tim BHRD Kota Tasikmalaya bersama Kemenag.

Penjabat (Pj) Walikota Tasikmalaya, Cheka Virgowanysah, menjelaskan, bahwa kegiatan ini merespons saran dan masukan dari ulama di Kota Tasikmalaya, yang merekomendasikan agar setiap tempat dan masjid di kota santri dikalibrasi arah kiblatnya.

"Pada saat itu, saya berdiskusi dengan pak sekda untuk menindaklanjuti saran dari para ulama. Sepertinya diperlukan kalibrasi arah kiblat di Kota Tasikmalaya ini. Setelah beberapa kali rapat dan berdiskusi dengan Kemenag, akhirnya kegiatan ini terlaksana," kata Cheka.

Cheka mengatakan, sebelum melakukan kalibrasi arah kiblat di ruang publik Kota Tasikmalaya, kegiatan ini dimulai dengan launching di setiap ruangan di Pemkot Tasikmalaya.

"Dimulai hari ini, kita mencoba mengkalibrasi arah kiblat. Perubahan perputaran bumi, matahari, dan bulan berpotensi mempengaruhi arah kiblat. Kita juga ingin mengecek bagaimana perubahan arah kiblat dari beberapa tahun lalu hingga hari ini," ungkap Cheka.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut