get app
inews
Aa Read Next : Gudang Makanan Ringan di Ciamis Ludes Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Korsleting Listrik

Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

Minggu, 24 Desember 2023 | 08:15 WIB
header img
Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Lahan hutan dan kebun seluas 4 hektare di Dusun Babakan, Rt 36 RW 17, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, luluh lantak dilalap si jago merah pada Sabtu (23/12) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Kebakaran lahan dan kebun tersebut kali pertama diketahui oleh Aki Endun (75), warga setempat. Saat itu, saksi sedang melintas di sekitar kebun dekat kompleks tempat pemakaman umum (TPU) Babakan. 

Endun kemudian memberi tahu ketua RT setempat dan meminta bantuan warga untuk memadamkan api yang terus berkobar di sore yang cuaca masih panas.

Warga mencoba memadamkan api secara gotong royong, tetapi akibat hembusan angin yang kencang, kobaran api semakin meluas melalap hamparan kebun dan hutan rakyat, terutama pohon bambu, yang berada tak begitu jauh dari kawasan Leuwikeris Sungai Citanduy.

Khawatir api terus meluas, Kepala Dusun Babakan Desa Ciharalang, Lia Nurohmah (35), menghubungi dan meminta bantuan Mako Damkar Satpol PP Ciamis.

“Tujuh petugas Damkar dikerahkan ke lokasi kejadian. Mereka meluncur dengan 1 mobil pancar dan 1 mobil tangki water supply,” ujar petugas UPTD Damkar Satpol PP Ciamis Ali Sadikin, kepada iNewsCiamisRaya.id jejaring iNewsTasikmalaya.id, pada Minggu (24/12/2023).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut