get app
inews
Aa Read Next : Murjani-Nanang Nurjamil Daftar Jalur Perseorangan ke KPU Kota Tasikmalaya untuk Pilkada 2024

Cheka Dorong BPRS Ikuti Perkembangan Zaman dengan Digitalisasi dan UMKM Harus Berkembang

Senin, 11 Desember 2023 | 11:36 WIB
header img
Cheka Dorong BPRS Ikuti Perkembangan Zaman dengan Digitalisasi dan UMKM Harus Berkembang. Foto: dok. Prokopim Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) memberikan dukungan yang sangat besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), bahkan melebihi dukungan yang diberikan oleh perbankan konvensional.

Pendekatan positif terhadap BPRS sebagai penyokong UMKM juga menjadi perhatian Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah. Ketika hadir dalam Rapat Pemegang Saham BPRS Al-Madinah di Tasikmalaya, pada Selasa (5/12/2023) Cheka menyampaikan pandangannya.

Sebagai pemegang saham, Pemerintah Kota Tasikmalaya mengajak jajaran manajemen dan pemegang saham lainnya untuk bersama-sama mengevaluasi kinerja dan mencapai prestasi yang lebih baik.

Dalam konteks yang lebih spesifik, Cheka juga mengingatkan tentang pentingnya mendukung UMKM, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2019 tentang UMKM. Pembiayaan UMKM diarahkan kepada debitur UMKM yang memenuhi definisi dan kriteria tertentu.

"Agar BPRS dapat berkembang, mereka perlu mengikuti perkembangan zaman, di mana digitalisasi menjadi kunci. Koordinasi dengan UMKM juga harus diperhatikan agar mereka juga dapat berkembang," ujar Cheka.

Meskipun BPRS memberikan proporsi pembiayaan yang cukup besar untuk kegiatan produktif dan segmen UMKM, namun dalam pangsa pasar, keberadaan BPRS masih dianggap kecil oleh Cheka. Oleh karena itu, perlu dipertanyakan bagaimana BPRS dapat meningkatkan peranannya dalam pembiayaan di segmen UMKM.

"Menurut data dari OJK, pangsa pasar BPRS dalam industri BPR dan BPRS saja baru sekitar 9,22 persen dari total 165 BPRS di seluruh Indonesia. Jika dibandingkan dengan pangsa pasar keuangan syariah (bank umum syariah) kontribusi BPRS hanya sekitar 2-3 persesn,” ungkapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut