get app
inews
Aa Read Next : BPBD Kabupaten Ciamis Himbau Warga Waspada Potensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang

BPBD Tasikmalaya Kerahkan Alat Berat Singkirkan Longsor di Desa Cukangjayaguna yang Timpa 4 Rumah

Minggu, 03 Desember 2023 | 18:31 WIB
header img
BPBD Tasikmalaya Kerahkan Alat Berat Singkirkan Longsor di Desa Cukangjayaguna yang Timpa 4 Rumah dan Jalan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

"Proses pembersihan sudah berjalan dua hari, ditargetkan selesai dalam seminggu. Selama kegiatan tidak ada kendala cuaca, dan masyarakat pun proaktif," kata Sapa'at.

Ia menyebutkan, akses jalan desa yang sempat lumpuh beberapa minggu itu, merupakan jalan alternatif penghubung Kecamatan Sodonghilir dan Culamega.

"Proses pembersihan material longsoran terus berjalan sampai akses jalan pulih kembali," ujar Sapa'at. 

Warga yang mengungsi hingga kini tetap bertahan dipengungsian karena hujan masih kerap turun dan dikhawatirkan terjadi longsoran susulan.

Empat rumah yang mengalami rusak berat kemungkinan akan direlokasi. Pihak desa bersama lembaga dan tokoh masyarkat sudah melakukan survei titik lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi.

"Hari ini kami bersama Badan Permusyawarahan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta tokoh masyarakat yang ada di Desa Cukangjayaguna meninjau proses pembersihan jalan dan rumah," ungkap Kepala Desa Cukangjayaguna, Ani.

Dari hasil peninjauan, tambah Ani, memang ada sejumlah rumah yang harus direlokasi. "Kami melihat lokasi untuk relokasi untuk 6 sampai 7 rumah," pungkasnya. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut