get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Curas hingga Hilangkan Nyawa Korban di Garut Ternyata Berdomisili di Ciamis

Aksi Pembobolan Rumah di Tasikmalaya, Pelaku Cukup Persiapan 2 Jam Sebelum Beraksi

Kamis, 23 November 2023 | 10:08 WIB
header img
Aksi Pembobolan Rumah di Tasikmalaya, Pelaku Cukup Persiapan 2 Jam Sebelum Beraksi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Firman Suryaman

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin, mengimbau warga waspada terhadap aksi pencurian dengan sasaran rumah.

Menurut Kapolres, para pelaku pencurian dengan pemberatan tersebut saat ini lebih profesional dalam melancarkan aksinya.

"Cukup persiapan dua jam, barang berharga milik kita di rumah lenyap. Itu karena aksi mereka saat ini lebih profesional," kata Zainal, saat konperensi pers pengungkapan kasus pencurian tiga rumah, di Mapolres, Rabu (22/11/2023).

Dua tersangka pelakunya berhasil dibekuk. Yakni DU alias Unyil (19) warga Kecamatan Cipedes, dan RE (33) warga Kecamatan Indihiang. Dari ketiga rumah itu, mereka berhasil menggasak uang lebih dari Rp140 juta.

"Seperti dua tersangka yang berhasil kami tangkap ini adalah pemain profesional aksi pencurian spesialis rumah," ungkap Kapolres.

Terutama tersangka DU alias Unyil sudah beberapa kali keluar masuk penjara (residivis) dengan kasus sama yaitu pencurian dengan pemberatan.

"Kelompok ini hanya butuh waktu dua jam untuk observasi. Selanjutnya mereka beraksi. Kelompok ini juga tak memilih-milih sasaran. Yang penting rumahnya bagus," jelas Kapolres.

Karenanya ia mengimbau warga waspada dengan melakukan tindakan antisipasi. Terutama saat meninggalkan rumah. "Jangan segan-segan memasang kunci ganda, alarm atau pun CCTV," harap Zainal. 

Keprofesionalan diperlihatkan DU saat melakukan aksi pencurian di sebuah ruko di Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang. 

Pada Minggu (12/11/2023) dini hari, DU dan RE naik motor menuju wilayah Kelurahan Sirnagalih. Mereka kemudian berhenti di depan ruko milik warga setempat bernama Irma (43).

DU langsung beraksi. Sementara RE menunggu di motor sambil mengawasi situasi. "DU menelusuri selokan belakang rumah lalu memanjat tembok hingga berhasil menggapai jendela di lantai dua," ungkap Kapolres.

Selanjutnya DU mencongkel pintu jendela dan masuk rumah. Di berhasil menemukan uang di kantung sebanyak Rp30 juta dan bergegas kembali melalui jalan yang sama.

"Aksinya begitu rapi dan profesional. Karenanya kami mengimbau warga berhati-hati," harap Zainal.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut