get app
inews
Aa Read Next : Respon Positif Tingginya Minat Masuk Anggota, PWI Jabar Gelar OKK Perdana Tahun 2024

Kriteria Calon Penerima Anugerah PWI 2024, Apakah Anda Termasuk?

Senin, 06 November 2023 | 08:58 WIB
header img
Kriteria Calon Penerima Anugerah PWI 2024, Apakah Anda Termasuk? Foto: PWI/Istimewa

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Panitia Anugerah PWI 2024 H Dheni Kurnia telah menetapkan sejumlah kriteria baru untuk setiap kategori penghargaan. Dalam kategori pertama, Anugerah PWI diberikan kepada bupati dan wali kota Peduli Pers dan Kebudayaan. Tahun ini, penghargaan ini akan diberikan hanya kepada tiga orang bupati dan walikota, berbeda dengan sebelumnya yang diberikan kepada 10 orang.

"Penghargaan ini diberikan kepada Bupati dan Walikota di Indonesia yang menunjukkan kepedulian terhadap kebudayaan nasional dan mendukung kebebasan pers, dengan tujuan mengakui dan mendorong kebijakan pemerintah daerah yang mendukung keberlanjutan budaya dan kebebasan pers," kata Dheni.

Beberapa kriteria baru yang diterapkan meliputi:

Komitmen terhadap Budaya Lokal

Bupati dan Walikota harus menunjukkan komitmen dalam memelihara, melestarikan, dan mempromosikan budaya lokal dan tradisi masyarakat di wilayah mereka.

Dukungan terhadap Industri Kreatif

Mendorong perkembangan industri kreatif dan seni budaya, seperti seni rupa, musik, tari, dan kerajinan lokal, serta melibatkan masyarakat dalam upaya pengembangan seni budaya daerah.

Pariwisata Budaya Berkelanjutan

Mendukung pariwisata budaya dengan cara yang berkelanjutan, sehingga budaya lokal memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dukungan terhadap Kebebasan Pers

Menunjukkan dukungan terhadap kebebasan pers, berkerja sama dengan media lokal, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan komunitas wartawan.

Dalam kategori kedua, Anugerah Bidang Lingkungan Hidup Indonesia diberikan kepada individu, kelompok, organisasi, atau lembaga yang memberikan kontribusi luar biasa dalam pelestarian lingkungan di Indonesia. Beberapa kriteria yang diperkenalkan mencakup:

Konservasi Alam

Memberikan kontribusi signifikan dalam melestarikan dan melindungi lingkungan alam Indonesia, termasuk hutan, sungai, laut, dan spesies langka.

Inovasi Ramah Lingkungan

Menciptakan atau menerapkan inovasi yang berdampak positif terhadap lingkungan, seperti teknologi ramah lingkungan dan strategi pengelolaan limbah yang efisien.

Pendidikan dan Kesadaran Lingkungan

Melaksanakan pendidikan dan kesadaran lingkungan, termasuk kampanye lingkungan hidup dan kerjasama dengan pemangku kepentingan di bidang lingkungan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut