get app
inews
Aa Read Next : 7 Pejabat Eselon III Kota Tasikmalaya Bersaing Duduki Kekosongan Jabatan Kepala Dinas PPKBP3A

Dukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023, TNI dan Forkopimda Tasikmalaya Lakukan Penanaman Padi

Rabu, 01 November 2023 | 13:59 WIB
header img
Dukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023, TNI dan Forkopimda Tasikmalaya Lakukan Penanaman Padi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewTasikmalaya.id - Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (GNKP) 2023 dalam rangka HUT ke-78 TNI digelar serentak di lingkungan militer seluruh Indonesia, Rabu (1/11/2023).

GNKP 2023 dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin didampingi Panglimana TNI, Yudo Margono serta Mentan RI di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sementara itu, dalam upaya mendukung ketersedian bahan pangan bagi masyarakat di Tasikmalaya, Kodim 0612 Tasikmalaya bersama TNI AU Lanud Wiriadinata, Brigif 13 Raider Galuh Rahayu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota/Kab Tasikmalaya, DPRD, Polri, Kejari, serta Bulog dibantu petani, melakukan penanaman padi di pesawahan seluas 5 hektar milik TNI AD di Jalan Saptamarga, Kelurahan Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

"Kita melaksanakan gerakan GNKP 2023 serentak di seluruh Indonesia. Ini kolaborasi TNI-Polri dan Pemda. Tentu saja, tujuannya untuk membantu pemerintah dalam rangka ketahan pangan," ucap Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata. 

Henra mengatakan, penanaman serupa dalam ketahanan pangan juga dilaksanakan wilayah Kabupaten Tasikmalaya untuk memanfaatkan lahan tidur sesuai petunjuk Wapres RI, Ma'ruf Amin.

"Untuk di Tasikmalaya, kita dipusatkan di Kota Tasikmalaya seluas 5 hektar. Kami juga lakukan penanaman komoditi selain padi di Cikatomas yaitu penanaman jagung, di Puspahiang juga ada," kata Henra. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut