get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Tanggapi Soal PDI Perjuangan Siap Jadi Oposisi Pemerintah

HUT ke-78 TNI, Jokowi: Terima Kasih Atas Dedikasi, Profesionalisme dan Pengabdian Menjaga NKRI

Kamis, 05 Oktober 2023 | 11:33 WIB
header img
HUT ke-78 TNI, Jokowi: Terima Kasih Atas Dedikasi, Profesionalisme dan Pengabdian Menjaga NKRI. Foto: YouTube Puspen TNI

JAKARTA, iNews.Tasikmalaya.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kawasan silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI ini, Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada para anggota TNI atas dedikasi dan pengabdian mereka kepada negara.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta sebagai penghormatan dan mendoakan kepada para arwah pahlawan yang telah gugur. Presiden Jokowi memimpin mengheningkan cipta tersebut. Setelah itu, dilakukan pengucapan Sapta Marga.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada TNI atas nama rakyat, bangsa, dan negara.

"Pertama-tama, atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara-saudara bertugas," kata Jokowi.

Presiden juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI sebagai benteng terdepan pertahanan negara dan pelindung rakyat.

Ia berterima kasih atas dedikasi, keberanian, profesionalisme, dan pengabdian anggota TNI yang telah menjadi penjaga Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi memberikan tanda kehormatan kepada tiga orang perwakilan anggota TNI, yaitu Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos (Aspotmar KSAL), dan Marsda TNI Andi Kustoro (Pangkoopsud II).

Upacara HUT ke-78 TNI ini mengusung tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Mayjen TNI Choirul Anam, yang sehari-harinya menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad, bertindak sebagai Komandan Upacara.

Total 4.630 personel pasukan dan 130 alat utama sistem senjata (alutsista) dikerahkan dalam upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI tahun 2023 ini.

Parade dan defile ini menunjukkan kekuatan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut