get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Jumat 5 Juli 2024: Siang Hari Hujan Ringan

Warga Mangkubumi Tasikmalaya Gelar Lomba Masak Nasi Liwet Sepanjang 1 Km Meriahkan HUT RI ke-78

Senin, 21 Agustus 2023 | 09:23 WIB
header img
Warga Mangkubumi Tasikmalaya Gelar Lomba Masak Nasi Liwet Sepanjang 1 Km Meriahkan HUT RI ke-78. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) masih dirasakan masyarakat di Tasikmalaya. 

Seperti halnya yang terlihat di Kampung Sukanening, RW 02, Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, warga menggelar perlombaan memasak nasi liwet

Saking banyaknya peserta, lomba memasak nasi liwet HUT RI ke-78 ini mencapai panjang satu kilometer. Perlombaan memasak nasi liwet yang menjadi ciri khas orang Sunda ini digelar di bahu jalan serta diikuti oleh ratusan masyarakat.

Tak hanya memasak nasi liwet, peserta juga terlihat memasak sejumlah lauk pauk, di antaranya ikan asin, daging ayam, tahu, tempe, jengkol, lalaban serta sambal yang menjadi ciri khas dalam nasi liwet.

Ketua Panitia lomba nasi liwet, Engkus Kusmana, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan pada HUT ke-78 RI. Sebelumnya, berbagai perlombaan macam sudah dilaksanakan oleh warga sejak awal Agustus.

"Ini adalah dari rangkaian kegiatan agustusan pada tahun 2023. Kita mengadakan lomba liwet, di mana lomba liwet ini diikuti oleh satu kampung, pesertanya sendiri ini bisa lihat di sepanjang jalan hampir satu kilometer," ucap Engkus.

Menurutnya, dari segi penilaian, pihak panitia tidak hanya menilai dari rasa nasi liwet itu sendiri, melainkan dari mulai kekompokan, lauk pauk serta dekorasi juga akan di nilai untuk menentukan juaranya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut