get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Hardiknas 2024 di Kota Tasikmalaya, Cheka: Jadikan Setiap Tempat Sebagai Sekolah

TNI AU Lanud Wiriadinata Serahkan Monumen Pesawat Latih SIAI-Marchetti SF.260 ke Pemkot Tasikmalaya

Kamis, 20 Juli 2023 | 12:30 WIB
header img
TNI AU Lanud Wiriadinata Serahkan Monumen Pesawat Latih SIAI-Marchetti SF.260 ke Pemkot Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - TNI AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya menyerahkan monumen pesawat latih SIAI-Marchetti SF.260 ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Penyerahan monumen pesawat tersebut diserahkan langsung oleh Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi P. Buana kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah di Taman Kota Tasikmalaya, Kamis (20/7/2023).

Cheka Virgowansyah berharap, dengan hadirnya monumen pesawat di area Taman Kota Tasikmalaya menjadi tambahan destinasi wisata baru bagi para pengunjung yang datang ke Kota Santri.

"Penyerahan monumen pesawat ini dari Lanud Wiriadinata ini diharapkan menjadi destinasi tambahan, jadi tidak hanya menjadi  aset kota saja, tapi ini bisa menjadi aktivitas-aktivitas warga yang bermain di sini," ucap Cheka usai menerima penyerahan pesawat.

Lanjut Cheka, pihaknya bersama dinas terkait sudah melakukan berbagai persiapan guna menambah destinasi wisata baru di Kota Tasikmalaya yang terbilang minim akan wisata alamnya.

"Selanjutnya kita masih melakukan diskusi dengan pak kadispora, ada beberapa yang kita pelajari dari beberapa daerah luar. Mudah-mudahan ada yang baru nantinya,  biar bisa surprise," paparnya.

Sementara itu, Letkol Pnb Adi P. Buana mengatakan, alasan dihadirkannya pesawat latih yang dijadikan monument di area Taman Kota Tasikmalaya adalah sebagai bukti sejarah penerbangan di Tasikmalaya berawal dari adanya peninggalan Lapangan Udara di Cibeureum, yang mana lapangan udara ini digunakan sebagai tempat landing serta take off pesawat-pesawat militer Belanda, begitu juga pada masa pendudukan Jepang.

"Jadi Tasikmalaya sebelumnya, sejarahnya bandara ini disebut Bandara Cibereum, di mana  bandara ini sebagai alternatif pendidikan pilot atau para penerbang di Indonesia. Jadi kenapa sejarahnya yang saya bawa ini adalah pesawat latih, dikarenakan dulu di sini sebagai tempat pendidikan pelatihan penerbangan oleh tni au atau dulu disebut BKR bagian udara," ucap Adi.

Lanjut dia, setelah Jepang menyerah pada sekutu dan Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia menghimpun kekuatan untuk merebut kekuasaan Belanda dan Jepang, di antaranya Lapangan Udara.

Pada September 1945, anggota-anggota teknik pesawat di Pangkalan Udara Andir Bandung mendapat berita, bahwa Lanud Cibeureum Tasikmalaya telah berhasil dikuasai oleh para pemuda dan rakyat Tasikmalaya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut