get app
inews
Aa Read Next : Gerindra dan Nasdem Kabupaten Tasikmalaya Koalisi untuk Pilkada 2024

Maksimalkan Potensi UMKM di Era Digital, Mahasiswa KKN Unsil Gelar Workshop Pemasaran Produk Online

Minggu, 16 Juli 2023 | 21:05 WIB
header img
Maksimalkan Potensi UMKM di Era Digital, Mahasiswa KKN Unsil Tasikmalaya Gelar Workshop Pemasaran Produk Online. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kuliah Kerja Nyata (KKN) 41 Kelompok Desa Sinagar Universitas Siliwangi (Unsil) menggelar workshop Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Workshop UMKM yang dilakukan oleh 18 mahasiswa Unsil dari berbagai fakultas tersebut dilaksanakan dilaksanakan di Aula Gor Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (16/7/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang pelaku UMKM dengan mengusung tema Memaksimalkan Potensi UMKM yang ada di Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, pada era digital.

Ketua pelaksana workshop UMKM, Yulizar Wirakusumah, menuturkan, sebelum pelaksanaan workshop, pihaknya melakukan observasi ke UMKM yang ada di Desa Sinagar, sehingga menemukan adanya kendala dalam bidang pemasaran.

"Jadi belum masuk ke pemasaran online, seperti sudah yang tersedia sekarang. Nah, tujuan kami itu mau memperkenalkan pemasaran secara online dan bagaimana caranya agar UMKM bisa dikenal oleh orang-orang luar kota," ucap Yulizar.

Ia menambahkan, UMKM di Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu memiliki potensi yang besar untuk dikenalkan ke berbagai wilayah hingga mancanegara. Hanya saja, UMKM masih sedikit untuk memanfaatkan teknologi yang serba canggih sebagai alat pemasaran atau penjualan produknya.

"Melihat potensi UMKM di sini sangat besar, bahkan UMKM di sini itu sudah ada yang ke luar negeri, seperti sale yang sudah masuk ke Jepang, kemudian gula semut yang nama produknya Sirem Galunggung itu masuk ke Kanada," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut