get app
inews
Aa Read Next : Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Kamis, 2 Mei 2024

LPPM Unsil Dosen FAI dan FIK Gelar PPKM: Strategi Tingkatkan Derajat Kesehatan di Pondok Pesantren

Jum'at, 14 Juli 2023 | 17:32 WIB
header img
LPPM Unsil Dosen FAI dan FIK Gelar PPKM: Strategi Tingkatkan Derajat Kesehatan di Pondok Pesantren. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Siliwangi (Unsil) kembali menggelar Program Peningkatan Kesehatan Masyarakat (PPKM).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan oleh tim dosen dari Fakultas Agama Islam (FAI) berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Unsil yang digelar di Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam (STIABI) Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadul Ulum Wadda’wah Condong, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jumat (14/7/2023).

Kegitan PPKM yang diikuti oleh para ustaz dan ustazah Ponpes Riyadul Ulum Wadda'wah Condong dan mahasiswa STIABI tersebut mengusung tema Surveilans Berbasis Santri. Para dosen memberikan materti tentang strategi meningkatkan derajat kesehatan di pondok pesantren.

“Pengabdian bagi masyarat pada hari ini lebih ke program peningkatan kesehatan bagi masyarakat itu di pondok pesantren,” ujar salah seorang dosen FAI Unsil, Joni Ahmad Mughni.

Joni menyebut, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada para pembimbing di ponpes. Ia menambahkan, di dalam agama, kesehatan itu menjadi penting. Bahkan dalam hadist disebutkan, anndhofatu minal iman, kebersihan adalah sebagian dari pada iman.

“Karena diketahui pesanten itu santrinya banyak, maka mereka harus memiliki perilaku sehat dan bersih. Tentu Islam memiliki tujuan yang baik di antara hidup menjaga agama. Di antaranya hadist dari riwayat Bukhori juga, dua hal yang sering dilupakan manusia, yaitu satu adalah sehat, dua adalah waktu luang,” lanjut dia.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh LPPM Unsil. "Alhmdulilah kegitan ini rutin tahunan di LPPM Unsil, dan nanti juga dilaksanakan di Ponpes Cipasung," ucap dia.

Joni berharap dengan kegiatan ini para ustaz dan ustazah yang menjadi pendamping para santri di pondoknya bisa memberikan pemahaman, sehingga bisa lebih ditingkatkan perihal kesehatan serta kebersihannya.

“Harapannya tentu para santri sehat, para asatidnya juga sehat juga masyarakat sekitar sehat dan mereka lebih memahami, menyadari akan pentingnya berperilaku hidup sehat dan bersih,” tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut